ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • Nurmila . Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Tri Oldy Rotinsulu
  • Amran T. Naukoko

Keywords:

Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Sektor Unggulan, Static Location Quotient (SLQ), Dynamic Location Quotient (DLQ)

Abstract

Sektor unggulan dihararapkan mampu meningkatkan perekonomian dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, perlu adanya penentuan sektor unggulan yang nantinya dapat digunakan untuk menentukan arah kebijakan perekonomian suatu daerah. Untuk mengetahui sektor unggulan di Kabupaten Banggai, diperlukan suatu metode yang berguna untuk mengkaji dan memproyeksi perekonomian wilayah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka digunakan beberapa metode analisis data, yaitu : 1) Analisis Static Location Quotient (SLQ), 2) Analisis Dynamic Location Quotient (DLQ), 3) Analisis gabungan SLQ dan DLQ. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa PDRB Kabupaten Banggai yang diperoleh dari Website resmi Badan Pusat Statistik Kabupaten Banggai dan PDRB Provinsi Sulawesi Tengah yang diperoleh dari Website resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah. Hasil penelitian berdasarkan analisis gabungan SLQ dan DLQ menunjukan yang merupakan sektor unggulan dengan kriteria SLQ lebih dari 1 dan DLQ lebih dari 1 adalah sektor pertambangan dan penggalian.

Downloads

Published

2021-10-23

Issue

Section

Articles