ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, NON PERFORMING LOAN, RETURN ON EQUITY DAN RETURN ON ASSET TERHADAP STOCK RETURN INDUSTRI PERBANKAN (STUDI PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016-2020)

Authors

  • Tiara Nahdya Ivo Akuba Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado, 95115, Indonesia
  • Robby Joan Kumaat
  • Dennij Mandeij

Keywords:

Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Return On Equity (ROE), dan Return On Asset (ROA), Return Saham.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan To Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Return On Equity (ROE), dan Return On Asset (ROA) terhadap return saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Sampel dari penelitian diambil secara purposive sampling dengan kriteria tertentu, yaitu; Perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020, Perusahaan perbankan yang mempublikasikan laporan keuangan tahunan secara konsisten dan disampaikan kepada Bank Indonesia pada tahun 2016-2020, Perusahaan perbankan yang menyajikan secara lengkap laporan keuangan dan rasio-rasio yang dibutuhkan dalam penelitian pada tahun 2016-2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel.  Berdasarkan Uji Regresi Data Panel, penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa CAR, LDR, ROA dan ROE memberikan kontribusi yang signifikan pengaruhnya terhadap return saham. Sedangkan NPL tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap return saham. Secara simultan seluruh variabel dependen berpengaruh terhadap return saham.

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles