ANALISIS STRUKTUR PASAR, PERILAKU, DAN KINERJA INDUSTRI PERBANKAN INDONESIA (Studi Pada Bank Yang Terdaftar Di BEI Periode 2008-2012)
Abstract
ABSTRAK
Struktur pasar, perilaku dan kinerja merupakan tiga elemen yang dapat menggambarkan keadaan industri perbankan Indonesia. Atau dikenal dengan paradigma Structure, Conduct, Perfomance (SCP). SCP digunakan untuk mengukur hubungan antara struktur pasar, perilaku, dan kinerja. Dan untuk mengukur hubungan ketiganya, digunakan tiga pemikiran. Pertama hipotesis tradisional yang menggambarkan adanya perilaku kolusi, kedua hipotesis diferensiasi yang menujukan adanya difensiasi produk. Dan yang ketiga hipotesis efisiensi yang didasarkan pada perilaku efisiensi. Hasil dari analisis data panel, yang menggunakan sampel 28 bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pada periode 2008 sampai dengan 2012. Diperoleh hasil bahwa industri perbankan Indonesia mendukung hipotesis diferensiasi dan hipotesis efisiensi. Artinya bahwa peningkatan pangsa pasar merupakan hasil diferensiasi produk. Dan profit yang dihasilkan adalah hasil dari efisiensi perbankan.
Kata kunci : Struktur pasar, perilaku, kinerja, hipotesis diferensiasi, hipotesis efisiensi.
Â
ABSTRACT
Market structure, conduct and performance are the three elements that can describe the state of the banking industry in Indonesia. Paradigm known as Structure, Conduct, Perfomance (SCP). SCP is used to measure the relationship between market structure, behavior, and performance. And to measure the relationships between, used three thoughts. First  the traditional hypothesis that describes the behavior of collusion, both hypotheses addressing the presence of differentiation difensiasi product. And the third hypothesis is based on the efficiency of the efficiency behavior. The results of the panel data analysis, which used a sample of 28 banks listed on the Indonesia Stock Exchange. In the period 2008 to 2012. Obtained results that the Indonesian banking industry supports the differentiation hypothesis and the efficiency hypothesis. This means that the increase in market share is the result of product differentiation. And the profit generated is the result of banking       efficiency.
Keywords: Market Structure, Conduct, Performance, The Hypothesis Of Differentiation, Efficiency Hypothesis.