ANALISIS PENGARUH PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH (PPnBM) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR
Abstract
ABSTRAK
Â
Aktivitas perdagangan suatu negara tidak terlepas dari pengenaan pajak. PPN dan PPnBM memberikan pendapatan besar bagi penerimaan kas negara Indonesia, khususnya dari masyarakat yang berekonomi menengah ke atas. Kendaraan bermotor yang dikelompokkan sebagai barang mewah, sekarang dijadikan alat transportasi untuk kebutuhan sehari-hari. PT. Hasjrat Abadi Manado yang bergerak dalam bidang perdagangan barang mewah kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh antara PPN dan PPnBM terhadap daya beli konsumen kendaraan bermotor. Hasil penelitian yang dilakukan pada konsumen kendaraan bermotor roda empat dan roda dua PT. Hasjrat Abadi Manado, menunjukan bahwa secara serentak PPN dan PPnBM berpengaruh signifikan terhadap daya beli konsumen kendaraan bermotor, dan secara parsial PPN tidak berpengaruh terhadap daya beli konsumen kendaraan bermotor, sedangkan PPnBM berpengaruh signifikan terhadap daya beli konsumen kendaraan bermotor.
Kata Kunci: PPN, PPnBM, Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor.