ANALISIS KARAKTER OISHI SENSEI DALAM NOVEL NIJUUSHI NO HITOMI KARYA SAKAE TSUBOI

Authors

  • GRATIA VALENTINE WULAN ROMBON
  • TATIANA STARY CLAUDIA

Abstract

ABSTRAK

Sastra merupakan salah satu seni bahasa hasil karya manusia baik lisan dan non lisan. Melalui suatu karya sastra terkandung gagasan, ide, dan pikiran dengan gambaran-gambaran pengalaman. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa karya sastra merupakan cermin dari suatu masyarakat. Dalam penelitian karya sastra dan masyarakat, kebanyakan menggunakan teori pendekatan umum.

Penelitian seperti ini masih kurang dilakukan, oleh karena itu penulis akan menganalisis salah satu karya sastra Jepang menggunakan objek kajian berupa novel dengan judul Nijuushi no Hitomi karya Sakae Tsuboi. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk memperoleh data yang menunjang penelitian. Membaca isi novel, mengumpulkan ungkapan-ungkapan yang berkaitan, selanjutnya di analisis dengan menggunakan pendekatan teknik karakterisasi dan pemikiran sosial.

Laporan Akhir ini membahas mengenai karakterisasi Oishi sensei dan pemikiran sosial Oishi sensei kepada masyarakat dalam novel Nijuushi no Hitomi karya Sakae Tsuboi. Ditemukan hasilnya bahwa Oishi sensei memiliki 6 karakter, yaitu; ramah, berpenampilan modern, suka menolong, tidak sabar, baik dan berjiwa besar, mudah terharu dan bersedih. Sedangkan, pemikiran sosial yang diberikan Oishi sensei kepada masyarakat ada 3 hal, kepada penduduk desa, kepada murid-murid Oishi sensei dan kepada anak kandung Oishi sensei. Setiap pemikirannya memiliki cara pemahaman yang berbeda.

Akhirnya, penulis berharap semoga makalah ini sedikitnya, dapat bermanfaat bagi pendikan bahasa Jepang .

__________________________________________________________________

Kata kunci : Oishi sensei, Karakter, Pemkiran sosial.

Downloads

Published

2019-09-16

Issue

Section

Articles