PENGGUNAAN KATA BENDA FORMALITAS “TOKORO” DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG 日本語文における「形式名詞 ところ」の意味使用

Authors

  • Stenlly Ottow Geissler Arobaya

Abstract

ABSTRAK

Dalam bahasa Jepang, pemakaian keishikimeishi (nomina yang menerangkan fungsinya secara formalitas tanpa memiliki hakekat atau arti yang sebenarnya sebagai nomina) ada banyak. Keishikimeishi tersebut yaitu  : toori, tokoro, toki, koto, uchi, tame, hazu, hou, mama, mono. Pemakaian satu keishikimeishi saja, ada banyak, dan mempunyai pengertian bermacam-macam, sehingga bagi pembelajar bahasa Jepang, itu merupakan salah satu bagian yang menyulitkan. Lebih dari pada itu pembelajar bahasa Jepang jarang meneliti  tentang keishikimeishi.

Oleh sebab itu makalah ini memuat tentang salah satu keishikimeishi yakni (tokoro) dan bermaksud untuk meneliti tentang  arti, dan pembagian pemakaian tokoro tersebut dalam kalimat bahasa Jepang. Pengumpulan data dengan cara mengambil contoh kalimat yang ditulis dalam buku pelajaran, internet, selanjutnya dianalisis berdasarkan teori deskrptif.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut : bahwa arti dan penggunaan tokoro mempunyai arti yang berbeda berdasarkan variasi pola kalimat bahasa Jepang. Pengertian tersebut yaitu : menunjukkan tempat, menunjukkan posisi, menunjukkan tempat tinggal, menunjukkan bagian, menunjukkan tepat pada waktu tertentu,  menunjukkan ketika, menunjukkan  poin, serta menunjukkan  ruang lingkup.

Akhir kata semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pendidikan bahasa Jepang.

Downloads

Published

2015-02-01

Issue

Section

Articles