SEJARAH KELURAHAN BATULUBANG DI PULAU LEMBEH

Authors

  • Marsita Darenoh

Abstract

ABSTRAK

Penulisan ini mengambil topik tentang Sejarah Kelurahan Batulubang di Pulau Lembeh 2007-2015 . Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, yaitu: heuristik, kritik analisa, interpretasi, dan tahap terakhir ialah historiografi. Selain penulis menggunakan metode sejarah, dalam hal ini penulis juga menggunakan ilmu sosial sebagai alat bantu untuk memungkinkan penganalisaan dan penginterpretasian yang lebih tajam untuk menjawab apa yang menjadi masalah dalam suatu penulisan.

Kelurahan Batulubang merupakan Kelurahan yang cukup berkembang. Karena yang pertama kali yang masuk di desa Batulubang adalah masyarakat sangihe, setiap tahun perkembanganya sangat pesat karena disebabkan banyak pendatang yang awalnya menangkap ikan lama- kelamaan mereka mulai berdominsili di kelurahan Batulubang. jadi kelurahan Batulubang, merupakan suatu alasan bagi penulis untuk menulis sejarah perkembangannya.

Melakukan identifikasi dan penelitian, penulis mendapat kesimpulan Kelurahan Batulubang awalnya adalah wilayah perkebunan. Kemudian masuk etnis Sangihe, dan Perkembangan selanjutnya pada bidang Pendidikan, tingkat kependudukan, Keadaan sosial dan Budaya.

Kata Kunci : Perkembangan, Desa/Kelurahan, Batulubang di Pulau Lembeh 2007-2015

Downloads

Published

2015-10-28

Issue

Section

Articles