Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan di Instalasi Rawat Inap F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Authors

  • Jeiska T. Tulangow

Abstract

Abstrak

Hakikat dasar dari Rumah Sakit yaitu pemenuhan kebutuhan dan tuntutan pasien yang mengharapkan penyelesaian masalah kesehatannya pada rumah sakit.  Pasien mengharapkan pelayanan yang siap, cepat, tanggap dan nyaman dengan keluhan penyakit pasien dalam memenuhi kebutuhan pasien tersebut, pelayanan prima menjadi utama dalam pelayanan di Rumah Sakit.  Kepuasan pasien sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan karena  pasien mempunyai hak untuk memilih dalam menggunakan pelayanan kesehatan yang dianggapnya bermutu sehingga dapat memuaskan kebutuhan pasien. RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado merupakan salah satu rumah sakit yang berusaha memaksimalkan serta memuaskan harapan dan kebutuhan pasien, melalui pelayanan kesehatan yang efektif.

Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di instalasi rawat inap F di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado ialah bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (emphaty). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian ini ialah semua pasien yang sedang dirawat di Instalasi Rawat Inap F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado pada saat penelitian dilakukan dan telah dirawat lebih dari 3 hari. Jumlah sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 93 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling menggunakan kuesioner yang sudah di Uji Validitas dan Reabilitasnya. Data yang didapat selanjutnya dilakukan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan Uji Regresi Linier Berganda pada α = 5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel bukti fisik (nilai p = 0,000), kehandalan (nilai p = 0,000), daya tanggap (nilai p = 0,000), jaminan (nilai p = 0,000) dan perhatian (nilai p = 0,000) dengan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil analisis multivariat didapatkan bahwa kehandalan (reliability) merupakan variabel yang dominan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado (OR = 31,558, 95% CI : 8,333-119,509).

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian berhubungan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Variabel kehandalan merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat inap F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

 

Kata kunci:      Kepuasan Pasien, Kualitas Layanan, Rawat Inap.

 

Abstract

Basic essence of the Hospital that is meeting the needs and demands of patients who expect completion of health problems in hospitals. Patients expect a service that is ready, fast, responsive and comfortable to the patient's illness complaints in meeting the needs of these patients, excellent service became a major in the service at the Hospital. Patient satisfaction is extremely important in the administration of health care because the patient has the right to choose to use health services it deems qualified so as to satisfy the needs of the patient. RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado is one of the hospitals that seek to maximize and satisfy the expectations and needs of patients through effective health care.

Factors that affect patient satisfaction in inpatient installation F in General Hospital Prof. Dr RD Kandou Manado is tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphaty. This study uses quantitative methods with Cross Sectional Study. The study population was all patients who have been treated at inpatient installation F at the time of the study. The research sample was of 93 patients. Sampling techniques in this study conducted by purposive sampling method using a questionnaire that is already pass in validity test and reliability test. The data obtained is then performed univariate, bivariate and multivariate Regression Test at α = 5%.

The results showed that there was a significant effect of tangibles (p = 0.000), reliability (p = 0.000), responsiveness (p = 0.000), assurance (p = 0.000) and emphaty (p = 0.000) with patient satisfaction. Based on the results of multivariate analysis showed that reliability is the dominant factor to satisfaction patients in the Inpatient F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado (OR = 31.558, 95% CI: 8.333 to 119.509).

From this study it can be concluded that the tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphaty corellated with patient satisfaction inpatient F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Reliability is the most dominant factor influence on patient satisfaction in inpatient F RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

Keyword:           Patient Satisfaction, Service Quality, Inpatient .

Downloads