KAJIAN PENGAWASAN LISTRIK DALAM PENANGGULANGAN KEBAKARAN

Authors

  • Ferry Alexander Andu

Abstract

Pengawasan Listrik dan Penanggulangan Kebakaran di gedung perkantoran dan proyek bangunan PT. Sertifikasi Kompetensi Mandiri di Jakarta ini dilaksanakan dalam upaya memberi masukan akan pentingnya masalah keselamatan dan Kesehatan kerja pengawasan suatu gedung demi keamanan dan kenyamanan  orang-orang di dalamnya.

Kajian ini dilaksanakan khusus pada bidang intalasi listrik, jaringan instalasi air gedung, ruangan kantor beberapa bagian lantai kantor, instalansi genset, tangga evakuasi, pintu utama dan elevator konstruksi. Metode yang digunakan ialah deskripsi dengan langkah-langkah, mengadakan observasi, menganalisis dokumentasi dan mengadakan wawancara.

Hasil pembahasan keadaan gedung proyek konstruksi, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan dan budaya K3 di gedung dan proyek konstruksi masih harus ditingkatkan karena jika ditinjau dari aspek K3 Listrik dan K3 Penanggulangan Kebakaran, masih ada beberapa potensi bahaya yang belum ditangani dengan baik sesuai dengan perundang–undangan yang ada dan belum ada usaha penerapan Sistem Manajemen Keselamataan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan gedung dan proyek konstruksi. Temuan negatif disertai saran perbaikan dapat menjadi bahan koreksi agar resiko yang mungkin timbul dapat segera ditindaklanjuti.Temuan positif merupakan pendorong dan acuan perbaikan ke depannya. Hal ini bertujuan agar diadakannya penerapan SMK3 dalam perusahaan tercapai dan tidak menimbulkan dampak, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

 

Kata Kunci: kajian, pengawasan listrik, penanggulangan kebakaran.

Downloads

Published

2020-10-15