PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK OPTIMASI PENAWARAN BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI DENGAN BANTUAN SOFTWARE MATLAB

Authors

  • Deddy R. G. Ratulangi

Abstract

Luas lantai dapat dikategorikan sebagai aspek arsitektural dari satu rumah menengah. Terdapat berbagai-bagai item-item pekerjaan dari suatu rumah namun pada hakekatnya dapat dikategorikan ke aspek-aspek utama dari jenis pekerjaan itu. Selain aspek arsitektural, terdapat juga aspek sipil yang sering diwakili oleh keseluruhan pekerjaan struktur rumah tersebut, aspek mekanikal dan elektrikal, serta aspek lainnya yang merupakan aspek-aspek tambahan. Dari segi biaya pembangunan, maka salah satu yang paling dominan untuk anggaran biaya yakni pekerjaan struktur beton bertulang.

Di satu sisi, bagi seorang kontraktor maka hal yang paling diminati untuk dikerjakan dalam pembangunan yakni item pekerjaan struktur. Di sisi yang lain juga, volume beton untuk struktur sebagai aspek sipil yang paling banyak di sub-kontrakkan. Selain itu juga luas halaman untuk perapihan, terutama penggunaan paving block sering kali sangat diinginkan oleh seorang owner perumahan. Berdasarkan hal-hal ini maka dapat dilihat bahwa penawaran yang dilakukan untuk pekerjaan perumahan menengah dengan menggunakan, tidak saja luas lantai, melainkan volume beton, serta luas halaman cukup menarik untuk ditinjau ketika seorang kontraktor akan menawar dengan harga optimal yang diinginkannya.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan metode Algoritma Genetika maka dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk optimal biaya penawaran pekerjaan pembangunan rumah T-54/170, dengan harga penawaran pekerjaan beton sebesar Rp.7.000.000,00//m3, harga penawaran pekerjaan per luasan lantai Rp. 2.200.000,00/m2, dan harga penawaran pekerjaan per luasan halaman Rp. 85.000,00/m2 paving block maka nilai-nilai optimal yang didapat untuk volume beton maksimal = 15,5 m3, luasan lantai maksimal = 53 m2, dan luasan halaman untuk paving = 90 m2, dengan harga penawaran sebesar Rp. 232.750.000,00. Hal ini berarti bahwa harga penawaran pekerjaan yang dimasukkan tergolong cukup murah untuk pekerjaan perumahan golongan menengah.

 

Kata kunci: Algoritma Genetika, Penawaran, Matlab, Konstruksi, Perumahan

Downloads

Published

2019-03-15