OPTIMASI PENGELOLAAN JARINGAN JALAN PROVINSI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM INTEGRATED ROAD MANAGEMENT SYSTEM (IRMS)

Authors

  • Dolvie Ronald Kairupan
  • Bonny F. Sompie
  • James A. Timboeleng

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat deskripsi tentang metode survai yang efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan Program Integrated Road Management System (IRMS). Pengumpulan data mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu dilakukan secara sistematis, faktual, dan akurat sehingga mudah diinputkan pada IRMS.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan survai dilapangan membutuhkan alat bantu yaitu GPS tracking, kamera digital dan kendaraan survai sebagai alat transportasi. Untuk pelaksanaan di lapangan alat GPS dikalibrasi dan disesuaikan dengan odometer pada kendaraan agar menjadi pembanding dalam pencatatan panjang jalan selama survai. Setiap titik kerusakan jalan, persimpangan, jembatan/gorong-gorong didata nilai koordinat UTMnya dan situasi titik yang dimaksud. Penting dalam metode survai ini untuk menggunakan alat GPS yang dapat merekam semua titik –titik yang dilewati. Peneliti menggunakan bantuan program Map Source sebelum inputing ke dalam program IRM . Dari MapSource kemudian diubah ke file DXF untuk mengedit gambar pada Program IRM . Proses pengeditan peta dengan Program IRMS bertujuan merapikan gambar Peta Jaringan Jalan yang ada. Berdasarkan pelaksanaan di lapangan metode survai dengan panduan IRMS membutuhkan waktu survai di lapangan yang lebih lama dimana proses inputing data kordinat jalan dilakukan dengan menginput satu persatu jika tidak menggunakan program Map Source.
Kesimpulan yang diperoleh adalah untuk optimalisasi pelaksanaan survai dilapangan maka diperlukan alat bantu alat GPS Tracking, kamera digital dan kendaraan survai sebagai alat transportasi dan metode inputing data yang optimal adalah menggunakan bantuan program Map Source sebelum inputing ke dalam program IRMS .
Kata kunci : IRMS, GPS tracking, jaringan jalan, koordinat, peta.

Downloads

Published

2012-09-15