PERSEPSI DAN MOTIVASI PENGUNJUNG NUSANTARA TAMAN NASIONAL BUNAKEN

Authors

  • Eko Wahyu Handoyo Program Studi Agronomi, Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi
  • Hengki Djemie Walangitan Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi
  • Paulus Adrian Pangemanan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35791/agrsosek.v18i2.41786

Keywords:

perceptions, motivations, domestic visitors

Abstract

This study aims to determine perceptions and motivations of domestic visitors to Bunaken National Park. Data collection was carried out during September to November 2021. The research method used was a survey method with a sample of respondents taken randomly, using a purposive sampling of 150 people. The results showed that the characteristics of visitors were evenly distributed in all ages in the age range of 21-25 years, dominated by Bachelor and Senior High School, professions of private employees, entrepreneurs and civil servants, income between Rp 1.000.000,- – Rp 2.000.000 to more than Rp 5.000.000 and the number of family members between 3 - 5 people. The perception of visitors is attractive as much as 44.7% and very attractive 37.3%, the value  being very important is 62.7% and important is 27.3%, visitor satisfaction convey 41.3% satisfied and 40.7% very satisfied. The motivation of visitors because of the advantages Bunaken National Park 35% a good natural tourist destination, 21% near to Manado City and 17% cheap and easy accessibility, as a reference source of visiting information 38% comes from stories of friends, 24% social media facebook, 15.3% social media instagram and 12.7% websites.

Author Biographies

Eko Wahyu Handoyo, Program Studi Agronomi, Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Agronomi, Pascasarjana, Universitas Sam Ratulangi

Hengki Djemie Walangitan, Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi

Paulus Adrian Pangemanan, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi

References

Alizamar dan Couto, N. 2016. Psikologi Persepsi dan Desain Informasi, Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif Untuk Kependidikan dan Desain Komunikasi Visual. Media Akademi, 88 hal.

Bulan, T. P. L., Junaida, E., Maitama, M. H. 2021. Daya Tarik Wisata, Motivasi Keputusan Berkunjung di Obyek Wisata Pantai Berawe. Jurnal Akuntan Audit dan Perpajakan. Vo.2 No.1 Juni 2021.

Devy, H. A dan Soemanto, R. B. 2017. Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi DILEMA. Vol.32 No.1 Tahun 2017.

Harsono, N. R. 2017. Motivasi Wisatawan Mengunjungi Obyek Wisata di Desa Pawan Kabupaten Rokan Hulu. Jom FISIP. Vol. 4 No. 1 Februari 2017.

Indrawati, S. E. 2015. Status Sosial Ekonomi dan Intensitas Komunikasi Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga di Panggung Kidul Semarang Utara. Jurnal Psikologi Undip. Vol.14 No.1 April 2015 ; 52-57.

Isnan, W. 2016. Karakteristik dan Preferensi Pengunjung Wisata Alam Bantimurung. Info Teknis Eboni. Vol.13 No.1 Juni 2016 69 – 78.

Kalebos, F. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol. 4 No. 3 Edisi Khusus Pemasaran dan Keuangan. 489-502.

Nasution, P. M. 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Willingness to Pay Konsumen Beras di Kota Medan. Program Studi Magister Agribisnis. Universitas Sumatera Utara. Tesis.

Pangemanan, A., Maryunani, Hakim, L., Polii, B. 2012. Economics Analysis of Bunaken National Park Ecotourism Area Based on the Carrying Capacity and Visitation Level. Asian Transactions on Basic and Applied Sciences Volume 02 Issue 04.

Rani, F. P., Kusuma, H. E., Tampubolon, A. C. 2020. Hubungan Motivasi, Kegiatan dan Karakter Tempat Wisata Pada Pusaka Saujana Imogiri, Yogyakarta. JUMPA. Vol. 6 No. 2 Januari 2020.

Rhama, B. 2019. Taman Nasional dan Ekowisata Vol. 1. Bhayu Rhama.

Rompas, M. D., Kusen, J. D., Lasut, M. T. 2015. Strategi Alternatif Untuk Pengelolaan Wisata Bahari di Pulau Bunaken, Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara, Indonesia. Aquatic Science & Management. Vol. 3 No. 2, 55-57 (Oktober 2015).

Safitri, I., Ramdan, M. A., Sunarya, E. 2020. Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 8 No. 3. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya.

Samsudin, H., Budiono., Hermawan, W. 2012. Valuasi Ekonomi Taman Nasional Bunaken : Aplikasi Travel Cost Method (TCM). FEB Program Pascasarjana Universitas Padjajaran. Tesis.

Subardin, M. 2009. Valuasi Ekonomi Kawasan Konservasi (Ilustrasi Pendekatan Biaya Perjalanan). Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 7 No. 2 Hal: 103-112.

Suwena, I. K dan Widyatmaja, I. G. N. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Penerbit Pustaka Larasan. 252 hal.

Taghulihi, K. E., Kumenaung, A. G., Tumangkeng, S. Y. L. 2019. Pengembangan Ekowisata Sebagai Sektor Unggulan Kota Manado (Studi Kasus Obyek Wisata Bunaken). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol.19 No.02 Tahun 2019.

Waani, H. F. 2016. Sosial Budaya Dalam Pengembangan Pariwisata di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado. e-journal Acta Diurna. Vol. V No.2 2016.

Widiaryanto, P. 2020. Peran Taman Nasional Bagi Pembangunan Nasional Era New Normal. Bappenas Working Paper. Vol. 3 No. 2. 2020.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Handoyo, E. W., Walangitan, H. D., & Pangemanan, P. A. (2022). PERSEPSI DAN MOTIVASI PENGUNJUNG NUSANTARA TAMAN NASIONAL BUNAKEN. AGRI-SOSIOEKONOMI, 18(2), 449–460. https://doi.org/10.35791/agrsosek.v18i2.41786

Issue

Section

Articles