HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN KEPUASAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN KESEHATAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS TIKALA BARU KECAMATAN TIKALA KOTA MANADO

Authors

  • Sintia Orpa Rakinaung
  • Odi Roni Pinontoan
  • Rivelino Spener Hamel

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v6i2.21577

Abstract

Background:Motivation is a force or factor that is contained in a person who gives rise to, moves and organizes his behavior. Motivation is basically a mental condition that encourages an action and provides strength that leads to the achievement of goals.Motivation to become a BPJS participant can be influenced by the needs of each individual, which is based on an expectation to get a satisfaction on what is received. Research Methods: This study researchers used a cross sectional study.The results:using Chi-Square statistical test with a confidence level of 95% (α = 0.05%), obtained p-value = 0.709> (α) 0.05% Conclusion: there is no relationship between motivation and BPJS patient satisfaction at Tikala Baru Health Center in Tikala Subdistrict, Manado City. Keyword :Motivation, satisfaction of BPJS patients. Latar Belakang: Motivasi merupakan suatu tenaga atau faktor yang terdapat dalam diri seseorang yang menimbulkan, menggerakkan dan mengorganisasikan tingkah lakunya. Motivasi pada dasarnya adalah kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan dan memberikan kekuatan yang mengarahkan kepada pencapaian tujuan. Motivasi inilah yang mendorong seseorang untuk beraktifitas dalam pencapaian tujuan. Motivasi menjadi peserta BPJS dapat dipengaruhi oleh kebutuhan masing – masing individu, yang didasarkan oleh suatu harapan untuk mendapatkan suatu kepuasan atas apa yang diterima. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Hubungan antara Motivasi Dengan Kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Tikala Baru Kecamatan Tikala Kota Manado Metode Penelitian: Penelitian ini peneliti menggunakan penelitian cross sectional. Hasil Penelitian: menggunakan uji statistik Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05%), didapatkan nilai p-value=0,709> (α) 0,05%. Kesimpulan: tidak ada hubungan antara motivasi dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Tikala Baru Kecamatan Tikala Kota Manado. Kata Kunci : Motivasi, kepuasanpasien BPJS

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Rakinaung, S. O., Pinontoan, O. R., & Hamel, R. S. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN KEPUASAN PASIEN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN KESEHATAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS TIKALA BARU KECAMATAN TIKALA KOTA MANADO. JURNAL KEPERAWATAN, 6(2). https://doi.org/10.35790/jkp.v6i2.21577