HUBUNGAN DISMENORE DENGAN AKTIVITAS BELAJAR REMAJA PUTRI DI SMA KRISTEN I TOMOHON

Authors

  • Fersta Cicilia Apriliani Saguni
  • Agnes Madianung
  • Gresty Masi

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v1i1.2182

Abstract

Abstract: One of the menstrual disturbance that cause discomfort physical is dysmenorrhea. Dysmenorrhea is menstrual pain that is felt in the lower abdomen and radiates up into the pelvis that can interfere with daily activities. One of the activities that can be interrupted is a learning activity. Dysmenorrhea is often experienced by young women who are in the productive age. The research ever conducted shows that dysmenorrhea can lower a woman's quality of life for example, students who experience dysmenorrhea decreased concentration will study due to menstrual pain that is felt (Ningsih, 2011). Purpose. This research conducted to determine The Relation Of  Dysmenorrhea With Learning  Activities Teen Daughter  At Christian High School  Tomohon. Research methods  is survey analytic by design research cross sectional. Population. The captured population is teen daughters at christian high  school I Tomohon with total sample 132 people, determination samples with purposive sampling techniques. Data obtained through questionnaire is a conecction between dysmenorrhea with learning  activities teen daughter  At Christian High School  Tomohon. Results of statistical tests using the test initially chi square with boundaries that have been prepared. This research in using analysis test statistic chi square and obtained value p = 0,000 < alpha = 0,005, which means Ho rejected. But because requirements test chi square unfulfilled and test used is test the alternative is fisher and obtained value p = 0,000 < alpha = 0,005 which means Ho rejected. The conclusions of this research are a relation of  dysmenorrhea with learning  activities teen daughter  at Christian High School  Tomohon.

Key words: Dysmenorrhea, Learning Activities, Teen Daughter.

Abstrak: Salah satu gangguan mesntruasi yang menyebabkan ketidaknyamanan fisik yaitu dismenore. Dismenore adalah nyeri haid yang dirasakan di bagian perut bagian bawah dan menjalar sampai ke panggul yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu aktivitas yang dapat terganggu adalah aktivitas belajar. Dismenore sering dialami oleh remaja putri yang yang ada pada usia produktif. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukan bahwa dismenore dapat menurunkan kualitas hidup seorang wanita sebagai contoh siswi yang mengalami dismenore konsentrasi belajarnya akan menurun karena nyeri haid yang dirasakan (Ningsih, 2011). Tujuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan diketahui hubungan dismenore dengan aktivitas belajar remaja putri di SMA Kristen I Tomohon. Metode penelitian ini adalah survey analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi yang diambil adalah remaja putri di SMA Kristen I Tomohon dengan jumlah sampel 132 orang, penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Data yang diperoleh melalui kuisioner yang telah disiapkan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis uji statistic chi square dan didapatkan nilai p = 0,000 < α = 0,05 yang berarti Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antara dismenore dengan aktivitas belajar remaja putrid di SMA Kristen I Tomohon. Hasil uji statistik pada awalnya menggunakan uji Chi-Square dengan batas kemaknaan = 0,05, tetapi karena syarat uji chi-square tidak terpenuhi maka uji yang digunakan adalah uji alternatifnya yaitu fisher dan didapatkan nilai p = 0,000 < alpha = 0,05, yang berarti Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada hubungan antara dismenore dengan aktvitas belajar remaja putri di SMA Kristen I Tomohon.

Kata Kunci: Dismenore, Aktivitas Belajar, Remaja Putri

Downloads

Published

2013-08-05

How to Cite

Saguni, F. C. A., Madianung, A., & Masi, G. (2013). HUBUNGAN DISMENORE DENGAN AKTIVITAS BELAJAR REMAJA PUTRI DI SMA KRISTEN I TOMOHON. JURNAL KEPERAWATAN, 1(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v1i1.2182