AKTIVITAS BERMAIN DOMINO SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FUNGSI KOGNITIF BERHITUNG PADA LANSIA

Authors

  • Yusti Muzdalifa Taplo
  • Agnes Madianung
  • Esrom Kanine

DOI:

https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.22884

Abstract

Abstrack: Dominoes is one leisure activity that is familiar and easy to be played by all ages,
including the elderly. When playing dominoes then the elderly will feel relaxed and relaxes the
mind that stimulates brain cells that eventually can maintain cognitive function, one numeracy.
The Aim of the research to know the activity of playing domino as a medium to improve
cognitive function counting on the elderly. The method of this research uses quasi experiment,
research design with pretest-posttest approach with control group. Samples with the technique
of sampling non probability sampling is carried out, using the method of total sampling total
sample with as many as 40 respondents. The results of research using the Mann Whitney test
at 95% significance level, obtained significant value that is 0.007 or smaller than the value of
significance 0.05 (0.007 < 0.05). Conclusion, the results show that the activity of playing
dominoes can improve the cognitive functions of the elderly so that it can be used as counting
as one of the relaxing activities to enhance cognitive function of elderly, especially counting
ability.
Keywords: Activities Playing Domino, Math Ability

Abstrak: Permainan domino adalah salah satu aktivitas santai yang familiar dan mudah
dimainkan oleh berbagai usia termasuk kelompok lanjut usia. Ketika bermain domino maka
lansia akan merasa santai dan merilekskan pikiran sehingga menstimulasi sel-sel otak yang
akhirnya dapat mempertahankan fungsi kognitif, salah satunya kemampuan berhitung. Tujuan
penelitian untuk mengetahui aktivitas bermain domino sebagai media untuk meningkatkan
kemampuan fungsi kognitif berhitung pada lansia. Metode penelitian ini menggunakan desain
penelitian quasi eksperimen, dengan pendekatan pretest-posttest with conrol grup. Sampel
dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling, menggunakan
metode total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Hasil penelitian dengan
menggunakan uji Mann Whitney pada tingkat kemaknaan 95%, didapat bahwa nilai signifikan
adalah 0,007 atau lebih kecil dari nilai signfikan 0,05 (0,007< 0,05). Kesimpulan, hasil
penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas bermain domino dapat meningkatkan kemampuan
fungsi kognitif berhitung lansia sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu aktivitas santai untuk
meningkatkan fungsi kognitif lansia, khususnya kemampuan berhitung.
Kata kunci: Aktivitas Bermain Domino, Kemampuan Berhitung

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Taplo, Y. M., Madianung, A., & Kanine, E. (2019). AKTIVITAS BERMAIN DOMINO SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FUNGSI KOGNITIF BERHITUNG PADA LANSIA. JURNAL KEPERAWATAN, 7(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.22884