ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MEMBELI ONLINE PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI MANADO (STUDI PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI)

Debry Ch.A Lintong

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control secara simultan dan parsial terhadap niat membeli online pada UKM di Manado. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat Manado, pada tahun 2017. Sampel adalah mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian yaitu ditemukan bahwa sikap, norma subyektif serta perceived behavioral control secara simultan penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli online pada UKM di Manado. Selanjutnya Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara parsial variabel sikap, norma subjektif dan perceived behavioral control memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli online pada UKM di Manado. Variabel sikap merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap niat membeli online. Variabel norma subjektif merupakan variabel yang paling kecil pengaruhnya terhadap niat membeli online dibandingkan dua variabel lainnya. Variabel perceived behavioral control merupakan variabel kedua terkuat yang berpengaruh terhadap niat membeli online.

Kata Kunci:   lingkungan internal, lingkungan eksternal, keunggulan bersaing kinerja usaha.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v5i3.21708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

index by: 

Google Scholar

 

Portal Garuda 

 

 

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.