Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk, Persepsi Manfaat dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik berbasis server

Muhammad Arifiyanto, Nur Kholidah

Abstract


Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat. Hal tersebut sangat berdampak pada berbagai bidang, salah satunya pada sistem pembayaran retail yaitu uang elektronik atau e-money Menurut peraturan Bank Indonesia uang eletronik adalah instrumen pembayaran yang diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit dan nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip.

            Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk, persepsi manfaat dan promosi terhadap minat penggunaan uang elekronik berbasis server. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dari program studi akuntansi, ekonomi syariah dan manajemen. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan total sample 183 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisi pertanyaan terbuka dan tertutup. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan berbagai uji antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, regresi linear dan uji hipotesis. 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang diujikan memiliki nilai koefisien positif. Variabel persepsi manfaat memiliki pengaruh tertinggi pada minat penggunaan dengan nilai koefisien 0,722. Selanjutnya variabel promosi memiliki pengaruh terhadap minat penggunaan uang elektronik dengan nilai koefisien 0,367. Dan variabel pengetahuan produk memiliki nilai pengaruh yang paling rendah  terhadap minat penggunaan uang elektronik dengan nilai koefisien 0,204.


Full Text:

PDF

References


Adiyanti, A. I. (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 13, 1–13. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1590

Bank Indonesia. (2018). Peraturan Bank Indonesia tentang Uang Elektronik. 35.

Candraditya, H. (2013). Analisis penggunaan uang elektronik. Diponegoro Journal of Management, 2, 1–11. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Chin, L. P., & Ahmad, Z. A. (2015). Perceived Enjoyment and Malaysian Consumers’ Intention to Use a Single Platform E-Payment. SHS Web of Conferences, 18, 01009. https://doi.org/10.1051/shsconf/20151801009

Didin Elok Parastiti, Imam Mukhlis, A. H. (2015). Analisis Penggunaan Uang Elektronik Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (Studi Kasus: Uang Elektronik Brizzi). Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 7(1), 75–82.

Khatimah, H., & Halim, F. (2014). Consumers’ intention to use e-money in Indonesia based on Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). American-Eurasian Journal of Sustainable Agriculture, 8(12), 34–40.

Kusuma, I. D., & Untarini, N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 2, 1573–1583.

Lemy, D. M., Bernarto, I., & Tulung, Joy Elly. (2013). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Utara. Jurnal Manajemen: Derema

Mojambo, G.A.M., Tulung, J. E., & Saerang, R.T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Performance During The Digital Era (2014-2018), Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi UNSRAT Vol. 7 no. 1, pp 1-20

Ramadhan, A. F., Prasetyo, A. B., & Irviana, L. (2016). Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan E-money. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 13, 1–15. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/470/833

Roy, S., & Sinha, I. (2017). Factors affecting Customers ’ adoption of Electronic Payment : an Empirical Analysis. 19(12), 76–90. https://doi.org/10.9790/487X-1912017690

Suarjana, I. K., & Suprapti, N. W. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4), 1920. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i04.p08

Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS (Edisi Leng). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Trihendradi. (2011). Langkah mudah melakukan analisis statistik menggunakan SPSS (Edisi Pert). Penerbit ANDI.

Wardhana, H. (2014). Uang elektronik, Kampus dan Mahasiswa “Relawan Stabilitas Sistem Keuangan.” Retrieved July 28, 2019, from https://www.kompasiana.com/wardhanahendra/54f3df397455139f2b6c8201/uang-elektronik-kampus-danmahasiswa-relawan-stabilitas-sistem-keuangan#

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440. https://doi.org/10.21009/jrmsi.006.1.06

Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat untuk menggunakan instrumen uang elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

index by: 

Google Scholar

 

Portal Garuda 

 

 

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.