KUALITAS PENYAJIAN INFORMASI AKUNTANSI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH

Fauzi Achmad, Amor Marunda, Faroman Syarief, Raden Achmad Harianto, Rachmat Pramukty

Abstract


Abstract: One source that supports the success of Islamic boarding schools in carrying out development is finance, because the financial sector is a support in the management of education. For this reason, good and transparent financial management is needed, so that the weaknesses and shortcomings of the pesantren can be identified by other interested parties. Islamic boarding school financial reports only present reports of cash receipts and cash disbursements, which are not in accordance with the classification items in accordance with applicable financial accounting standards because the foundation does not recognize accounting standards used as financial reporting guidelines for non-profit entities. Methods of community service activities This method uses lectures or outreach, discussion and learning that are practiced by participants and resource persons. The lecture method is used to convey general knowledge about Islamic boarding school financial reports, SAK ETAP, SAK 45 and SAK Syariah accompanied by a question-and-answer session. The learning method is used to transfer knowledge or skills and value systems owned by resource persons to community members

 

Abstrak: Salah satu sumber yang mendukung keberhasilan pondok pesantren dalam melaksanakan pembangunan adalah keuangan, karena sektor keuangan merupakan penunjang dalam penyelenggaraan pendidikan. Untuk itu diperlukan pengelolaan keuangan yang baik dan transparan, agar kelemahan dan kekurangan para pesantren dapat diketahui oleh pihak lain yang berkepentingan. Laporan keuangan pondok pesantren hanya menyajikan laporan penerimaan dan pengeluaran kas yang tidak sesuai dengan klasifikasi item sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku karena yayasan tidak mengenal standar akuntansi yang digunakan sebagai pedoman pelaporan keuangan untuk organisasi nirlaba. entitas. Metode kegiatan pengabdian masyarakat Metode ini menggunakan ceramah atau sosialisasi, diskusi dan pembelajaran yang dipraktikkan oleh peserta dan narasumber. Metode ceramah digunakan untuk menyampaikan pengetahuan umum tentang laporan keuangan pondok pesantren, SAK ETAP, SAK 45 dan SAK Syariah disertai dengan sesi tanya jawab. Metode pembelajaran digunakan untuk mentransfer pengetahuan atau keterampilan dan sistem nilai yang dimiliki oleh narasumber kepada anggota masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Andikusumo, S. (2012). Manajemen Keuangan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Arifin, H.M, ( 2000). Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara

Fauzi, A. (2018). Peran Analisis Kredit Terhadap NPL pada PT. X. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 5 No. 2

Heryati, Yeti dan Mumuh Muhsin. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

H.B. Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : Universitas Sebelas Maret Press

Miles, Matthew.2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. (2005) Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sembiring, R., & Mukhtar. (2014). Hasil Belajar Matematika, Pengaruh Model Pembelajaran, Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1): 58-69.

Suharsaputra, Uhar (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama

Sri Minarti (2012), Manajemen Sekolah, Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri; Yogyakarta : Ar- Ruuz Media

Wahyudin ( 2009 ) , Pendidikan Agama untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

index by: 

Google Scholar

 

Portal Garuda 

 

 

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.