PENGARUH WAKTU TUNGGU YANG SINGKAT, KETERJANGKAUAN HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK GIGI CDC

Giovanni Adrian Santoso, Innocentius Bernarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan dari variabel waktu tunggu yang singkat, keterjangkauan harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di klinik gigi CDC. Model penelitian ini diuji pada populasi pasien yang datang ke klinik gigi CDC di Kota Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel berjumlah 171 orang yang bersedia mengisi kuesioner saat datang ke klinik. Pengisian kuesioner menggunakan aplikasi google form dengan menggunakan skala Likert 1 – 5. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara waktu tunggu yang singkat dengan kepuasan pasien di klinik gigi CDC, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara keterjangkauan harga dengan kepuasan pasien di klinik gigi CDC, (c) terdapat pengaruh positif signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di klinik gigi CDC. Penemuan ini menunjukkan implikasi yang bermanfaat untuk diaplikasikan ke manajerial klinik.

 

Kata kunci: Waktu tunggu yang singkat, Keterjangkauan harga, Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.39059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

index by: 

Google Scholar

 

Portal Garuda 

 

 

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.