REPRESENTASI RUANG TARI MAENGKET PADA DESAIN ARSITEKTUR MANADO ART CENTER

Authors

  • Horalto V. Mangantar Prodi S2 Arsitektur, Pasca Sarjana UNSRAT
  • Judy O. Waani Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado
  • . Sangkertadi Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35792/matrasain.v13i2.14537

Keywords:

metode rancang, dekonstruksi Derrida, makna

Abstract

Penelitian tesis desain ini bertujuan untuk mencari dan menemukan suatu metode rancangan arsitektur berdasarkan Teori Dekonstruksi Derrida yang memandang struktur ruang sebagai sesuatu yang dinamis, yang harus selalu dibuka dan digerakkan menurut prinsip-prinsip differance, trace,dan decentring.

Model penelitian perancangan ini adalah berdasarkan teori mediasi Hersberger (Lang,1987), yaitu dengan cara melakukan architectural meaning (pemaknaaan arsitektural) terhadap struktur ruang Tari Maengket kontemporer, dan selanjutnya pemaknaan tersebut direpresentasikan menjadi struktur ruang arsitektur, dan pengujian terhadap temuan metode ini dilakukan melalui rancangan objek arsitektur Manado Art Center.

Melalui  penelitian ini penulis menemukan suatu metode rancangan arsitektur yang unik serta suatu rancangan arsitektur yang lebih kreatif dan dinamis karena didasari oleh suatu sistem berpikir yang menganalis struktur ruang secara lebih kreatif dan tidak konvensional.

Temuan metode rancangan ini diharapkan menjadi pilihan yang lain bagi para arsitek, mahasiswa arsitektur, dan pelaku perancangan lainnya dalam melakukan praktik rancangan arsitektur.

 

Kata Kunci: metode rancangan arsitektur, teori dekonstruksi Derrida, architectural meaning, struktur ruang, tari Maengket kontemporer

Author Biographies

Horalto V. Mangantar, Prodi S2 Arsitektur, Pasca Sarjana UNSRAT

Prodi S2 Arsitektur, Pasca Sarjana UNSRAT

Mahasiswa

Judy O. Waani, Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado

Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado

Staf Pengajar

. Sangkertadi, Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado

Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT, Manado

Staf Pengajar

Downloads

Published

2016-07-01

Issue

Section

Articles