TRANSPARANSI DALAM ARSITEKTUR

Authors

  • Febriani Polla Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT
  • Patrice V. Paath Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT

DOI:

https://doi.org/10.35792/matrasain.v8i3.337

Keywords:

Arsitektur, Transparansi Literal, Transparansi Fenomenal

Abstract

ABSTRAK

Transparansi dalam Arsitektur merupakan dematerialisasi dari selubung bangunan, penggunaan bahan terbuka dan tembus cahaya. Transparansi dalam arsitektur digunakan untuk menggambarkan kondisi-kondisi material yang tembus cahaya. Transparansi adalah suatu yang mudah terdeteksi sebagaimana kondisi material tembus oleh cahaya dan udara atau dalam pengertian yang lebih intelektual sebagai bukti jelas nyata dan tidak terpendam. Untuk membedakan transparansi maka transparansi dibedakan menjadi Transparansi Literal dan transparansi Fenomenal.

Transparansi Literal adalah merupakan sarana yang dapat tembus cahaya, dan menggambarkan suatu kondisi yang memungkinkan seseorang untuk melihat ke dalam.Transparansi literal memberikan sambungan visual antara ruang interior maupun eksterior yang bisa dilihat secara kasat mata ( literal ).

Transparansi fenomenal tak ada hubungannya dengan kondisi-kondisi material yang tembus cahay.Transparansi fenomenal memberikan ruang yang dibuat benar-benar transparan tanpa benar-benar tertembus pandangan yang tidak bisa dilihat secara kasat mata namun hanya bisa dirasakan ( fenomenal ).

Kata Kunci ; Transparansi, Literal, Fenomenal

Author Biographies

Febriani Polla, Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT

Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT

Mahasiswa

Patrice V. Paath, Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT

Jurusan Arsitektur, FT-UNSRAT

Staf Pengajar

Downloads

Published

2011-11-01

Issue

Section

Articles