Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Mengajar dan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPS SMAN 7 Manado

Authors

  • Yolanda Margareta Ambarita Jurusan Matematika_FMIPA_Unsrat_Manado_Indonesia
  • John Socrates Kekenusa Jurusan Matematika_FMIPA_Unsrat_Manado_Indonesia
  • Luther Alexander Latumakulita Jurusan Matematika_FMIPA_Unsrat_Manado_Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35799/jmuo.10.1.2021.30538

Keywords:

Teacher Teaching Skills, Learning Preparedness, Chi-Square Test

Abstract

Pendidikan merupakan komponen yang penting dalam pembangunan suatu negara. Dalam upaya pembangunan pendidikan diperlukan kebijakan yang disesuaikan dengan karakteristik suatu wilayah. Tujuan penelitian ini adalah memetakan Kabupaten/Kota yang memiliki kemiripan berdasarkan beberapa variabel pendidikan juga mengetahui korelasi antar variabel pendidikan dengan menggunakan analisis biplot. Data yang digunakan adalah data sekunder tahun 2018 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari analisis biplot penelitian ini menunjukkan bahwa Kabupaten/Kota yang memiliki karakteristik pendidikan yang relatif sama yaitu Kepulauan Sangihe, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro. Dimana keragaman yang terbesar terjadi pada jumlah SMP/sederajat, dan keunggulan dari suatu objek terdapat pada Kabupaten Bolaang Mongondow Utara memiliki nilai tertinggi pada variabel Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/sederajat. Kemudian variabel - variabel yang memiliki korelasi positif yaitu Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/sederajat dan Angka Partisipasi Murni (APM) SD/sederajat yang artinya jika nilai Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/sederajat bertambah, maka bertambah pula nilai Angka Partisipasi Murni (APM) SD/sederajat begitu juga sebaliknya

Mathematics is one of the subjects that is taught in every educational stage, yet the fact shows that mathematics remains the one subject feared by students, and this condition can affect the students’ learning outcome. One of the factors which affects the learning outcome is the teacher’s teaching skill, which does not only involve their skill in a particular field, but also their creativity in developing that occupied field as well as their readiness to learn, where this will form the first step in initiating the teaching and learning activity. So this study was conducted to find out the relationship of the teacher’s teaching skill and readiness to learn with the mathematics learning outcome in class X IPS SMAN 7 Manado, using the Chi-Square test. The Chi-Square test is used to determine the relationship of a dependent variable with an independent variable, depending on a nominal or ordinal scale. This research has shown that there is no significant relationship between the teacher’s teaching skill and readiness to learn with the students’ learning outcome (p < 0,05)

Downloads

Published

03-10-2020

Issue

Section

Articles