BETERNAK AYAM BURAS PENGABDIAN PADA KELOMPOK TANI DESA PINABETENGAN KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Jacqueline T Laihad Jurusan Produksi Ternak,Fakultas Peternakan. Universitas Sam Ratulangi
  • Santi T Turangan Jurusan Produksi Ternak,Fakultas Peternakan. Universitas Sam Ratulangi
  • Rita M Tinangon Jurusan Produksi Ternak,Fakultas Peternakan. Universitas Sam Ratulangi
  • Jein R Leke Jurusan Produksi Ternak,Fakultas Peternakan. Universitas Sam Ratulangi
  • Cherly M Sarajar Jurusan Produksi Ternak,Fakultas Peternakan. Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.1.1.2019.24975

Abstract

Potensi Desa Pinabetengan dalam bidang peternakan ( ternak ayam ,  ternak babi , ternak sapi) dan bidang pertanian ( jagung dan kacang). Sektor ini dilakukan setiap hari dalam menunjang pendapatan kelompok tani. Kelompok tani Desa Pinabetengan di perankan oleh perempuan. Kelompok ini melakukan kegiatan rutin berupa arisan, mapalus desa.  Tujuan pengabdian adalah peningkatan  pemberdayaan perempuan dan pengetahuan beternak ayam buras Desa Pinabetengan Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Metode pengabdian yang dilakukan Metode yang digunakan adalah Participatory Rural Apraisal (PRA) yaitu suatu Metode pendidikan kepada masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan, dan demplot. Metode ini dipilih karena PRA memiliki kelebihan diantaranya keterlibatan aktif masyarakat (sebagai subjek) sedangkan Perguruan Tinggi hanya sebagai fasilitator.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa : 1) 80 % kelompok ibu ibu mampu menerapkan aplikasi  trial and error method penyusunan ransum ayam buras,  2) Kemampuan ibu ibu dalam peningkatan pendapatan keluarga, 3). Peningkatan ketrampilan pasca panen ibu ibu kelompok Desa Pinabetengan. Kesimpulan dari kegiatan penyuluhan tim pengabdian dapat disimpulkan : Bertambahnya pengetahuan bagi kelompok tani Desa Pinabetengan mengenai cara beternak ayam buras, bertambahnya pengetahuan cara dam teknik penyusunan ransum perlu di lakukan dalam beternak ayam buras,kelompok tani dapat meningkatkan pendapatan keluarga melalui beternak ayam buras.

References

Ditjennak,Direktorat Jenderal Peternakan Dan Kesehatan Hewan.2018. Strategi dan kebijakan peternakan Indonesia menuju Indoensia lumbung pangan dunia 2045. Prosiding Seminar Nasional PERSEPSI.Manado . 3-40.

Saptati,R.A dan A. Priyanti. 2006. Pendekatan ekonomi usaha ternak ayam lokal pada peternakan ayam rakyat. Lokakarya Nasional Inovasi Teknologi Pengembangan Ayam Lokal.Vol 9 (2) 81-86.

Setianan .2010.Studi tentang peran peternak ayam kampung di pedesaan dalam rangka mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan. Prosiding Seminar Nasional Unggas Lokal ke IV.55-88.

Supritjana. 2010. Strategi pengembangan ayam lokal berbasis sumber daya lokal dan berwawasan lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Unggas Lokal ke IV.55-88.

Widyastuti Tuti, Wiwin Tanwiriah, Dani Garrnida dan Abun.2017. Peningkatan ketrampilan budi daya ternak ayam melalui penerapan teknologi peternakan di Desa Gagasari Dan Kalimoro Kabupaten Cirebon. Jurnal pengabdian.Vol. 1,(4) 266 – 270.

Yuwanta, T., M.A. Wiguna, dan K.A. Santosa. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembesaran dan Penggaduhan Ayam Buras Sistem Bobot Badan Sebagai Usaha Mengatasi Krisis Ekonomi di Desa Kalibening, Kec. Kalasan, Kab. Sleman LPM. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Downloads

Published

2019-09-07