Pola Asuh Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus pada Anak TKW di SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah)

Authors

  • Salafuddin Salafuddin Magister Pendidikan Dasar Univeristas Muria Kudus
  • Santosa Santosa Magister Pendidikan Dasar Univeristas Muria Kudus
  • Slamet Utomo Program Studi Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus
  • Sri Utaminingsih Magister Pendidikan Dasar Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.2.1.2020.28276

Abstract

Ibu sebagai madarasah yang pertama dan utama harus bisa menjadi sosok panutan bagi anak-anaknya. Namun bagaimana kalau ibu pergi meninggalkan rumah dan bekerja menjadi TKW. Pengasuhan anak akhirnya dilakukan oleh ayah atau orang tua lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam penguatan pendidikan karakter pada keluarga TKW. Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah ayah, kakek, nenek, anak, saudara terdekat, tetangga terdekat dan guru yang mengajar anak di SDN. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis dengan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.  Keabsahan data menggunakan teknis triangulasi metodologis, yaitu menggunakan beragam metode untuk mengkaji problem tunggal. Hasil penelitian terdapat tiga macam pola asuh yang digunakan oleh orang tua dalam memberikan pengasuhan pada anak TKW. Ada tiga macam pola asuh (1) Pola asuh otoriter dengan ditandai sikap orang tua yang bertindak keras, diskriminatif. harus patuh terhadap perintah orang tua, anak dari orang tua yang otoriter memiliki lebih banyak tekanan (2) Pola asuh demokratis yaitu orang tua bersikap terbuka, percaya dengan kemampuan anak, selalu mengontrol tindakan anak sehingga anak terpacu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. (3) Pola asuh permisif yaitu orang tua tidak peduli dengan tindakan anaknya, tidak mengontrol tindakan anaknya sehingga anak berperilaku sesuai keinginan sendiri dan tidak mempunyai rasa tanggung jawab. Strategi yang digunakan oleh orang tua dalam penguatan pendidikan karakter adalah dengan nasehat, teladan dan pembiasaan.

References

Alizadeh Shahla. Abu Tholib Mansor, Abdullah Rohani, Mansor Mariani. 2011. Relationship between Parenting Style and Children’s Behavior Problems . Journal Asian Social Science. Volume 7.

Aziz Obi Faizal. 2017. Peranan Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Lingkungan Keluarga(Studi Kasus Di Dusun Kukap Desa Poncosari Kecamatan Srandakan) Jurnal.2017

Djamarah. Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Rineka Cipta. Jakarta.

Elizabeth B.Hurlock. 1990. Perkembangan Anak/Child Development,Terj.Meitasari Tjandrasa. Jakarta :Erlangga.

Fahmy Rahmi. Bachtiar Nasri, Rahim Rida. 2017. Measuring and Analyzing Students’ Personal Characters in Implementing Character Education. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience.

Hadi Subroto. 1997. Mengembangkan Kepribadian Anak Balita. Gunung. Jakarta.

Hubbs Laura. Tait, Tay Seacord Kennedy, Melanie c. Page, Glade l.Topham, Amanda w. Harrist. 2008. Parental Feeding Practices Predict Authoritative, Authoritarian, and Permissive Parenting Style. Journal the American Dietetic Association Vol. 108.

Marvin W. Berkowitz. 2000. Early Character Development and Education. Jurnal Volume 11, Nomor 1, hal. 55.

Mary Go Setiawan. 2000. Menerobos Dunia Anak. Yayasan Kalam Hidup. Bandung

Moh. Shochib . 2014. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Rineka Cipta. Jakarta.

Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi.: PT. Remaja Rosda Karya. Bandung

Nia Kurniasih dan Hastuti Dwi. 2017. Effect of Mother’s Discipline Parenting Pattern on Discipline Character of Kindergarten Children Journal of Child Development Studies. Vol. 02. 23-34.

Nibras OR Salim. 1997. Bila Tiang Tonggak Mulai Goyah. Pustaka Hidayah. Bandung.

Puspita Minda. 2013. Hubungan Antar Perlakuan Orangtua Dengan Kontrol Diri Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 1. Hal. 330-337

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) Alfabeta Bandung.

Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-03-01