Edukasi Pemberdayaan Peran Remaja dalam Menjaga Kesehatan Lingkungan di Wilayah Pesisir

Authors

  • Yarmaliza Yarmaliza Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar
  • Fitriani Fitriani Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar
  • Teungku Nih Farisni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar
  • Veni Nella Syahputri Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Teuku Umar
  • Zakiyuddin Zakiyuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar
  • Fitrah Reynaldi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.35801/jpai.2.2.2020.30572

Abstract

Rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya kesadaran untuk menjaga lingkungan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan dan akan berpotensi menimbulkan berbagai penyakit akibat lingkungan yang tidak dikelola dengan baik. Kegiatan edukasi ini menghadirkan peserta remaja yang berusia 14-16 tahun sebagai agent of change untuk nantinya dapat terlibat langsung dalam menjaga lingkungan di wilayah pesisir atau di lingkungan tempat tinggal. Tujuan kegiatan  pengabdian ini untuk memberikan pemahaman kepada remaja tentang pentingnya peran mereka dalam keikutsertaannya dalam menjaga lingkungan sekitar (wilayah pesisir). Pengabdian ini telah dilaksanakan pada 09 November 2019 dengan metode edukasi berupa penyuluhan terhadap remaja di wilayah pesisir. Adapun hasil dari edukasi ini adalah adanya peningkatan pengetahuan remaja terhadap pentingnya pemberdayaan remaja sebagai agent of change dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya. 

References

Ali, M dan Asrori, M. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara

Al-Mighwar, Muhamad. 2014. Psikologi Remaja, Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Bandung : Pustaka Setia

Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta. (2018). Rencana Aksi Kegiatan BBTKLP Yogyakarta tahun 2015-2019.

Kuswenda, D. (2017). Gerakan Masyarakat Hidup Sehat - Aksi Nyata Untuk Hidup Sehat. In Warta Kesmas (Vol. 01)

Maryono. (2015). The Implementation of the Environmental Education at Adiwiyata Schools in Pacitan Regency. Journal of Education and Practice,6(17), 31–43

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmahdini, R., Vivanti, D. S., & Heryanti, E. (2014). The Effect of different Counseling Method toward Housewives’ Knowledge about Processing of the Household Waste. BIOSFER, VII(2), 22–26

Wijirahayu, S., and T.W. Sukesi. (2019). “Hubungan Kondisi Lingkungan Fisik Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Wilayah Kerja Puskesmas Kalasan Kabupaten Sleman.†Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia 18(1): 19.

Zulkarnaini, W.R., E. Elfindri, and D.T. Sari. (2019). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permukiman Kumuh Di Kota Bukittinggi.†Jurnal Planologi 16(2): 169.

Downloads

Published

2020-09-01