FORAMINIFERA BENTIK PADA TERUMBU KARANG PULAU BUNAKEN

Authors

  • Renaldi Kalalo FPIK Unsrat Manado
  • Jane Mamuaya FPIK Unsrat
  • Hermanto W.K Manengkey FPIK Unsrat Manado
  • Janny D Kusen FPIK Unsrat Manado
  • Rignolda Djamaludin FPIK Unsrat
  • Rose Mantiri FPIK Unsrat Manado

DOI:

https://doi.org/10.35800/jplt.8.1.2020.27464

Abstract

Study of benthic foraminifera on the coral reefs of Bunaken Island, North Sulawesi Province, was carried out with the aim of providing information regarding the description, distribution and FoRAM Index values on the coral reef environment of Bunaken Island. Sediment sampling in the field was carried out at 5 stations around the island, each area has been plotted on the map, with 3 repetitions and using a SCUBA tool at a depth of 3-8 meters. From observations of sediment surface samples at 15 points in 5 stations spread over Bunaken Island, 5,770 benthic foraminifera specimens have been identified. 81 species from 26 genera of foraminifera were identified and they were then grouped into functional groups to obtain the FoRAM Index. The Index were ranged from 7.18 to 10.5. This indicates that the environment of the coral reef waters around the island is still in good condition.

 Keywords : Benthic Foraminifera, Coral Reef Ecosystem, Bunaken Island.

 

ABSTRAK

            Studi foraminifera bentik pada terumbu karang Pulau Bunaken Provinsi Sulawesi Utara dilakukan dengan tujuan untuk menyediakan informasi menyangkut deskripsi, peta sebaran dan nilai FoRAM Index pada lingkungan terumbu karang Pulau Bunaken. Kegiatan pengambilan sampel sedimen di lapangan dilakukan pada 5 stasiun di perairan Pulau Bunaken yang masing-masing areanya telah diplot dalam peta, dengan 3 kali pengulangan dan menggunakan alat SCUBA pada kedalaman 3-8 meter. Dari hasil pengamatan terhadap sampel sedimen permukaan dasar perairan pada 15 titik dalam 5 stasiun tersebar di Pulau Bunaken telah teridentifikasi sebanyak 5.770 spesimen foraminifera bentik. Hasil identifikasi foraminifera tersebut diperoleh 81 spesies foraminifera bentik yang termasuk dalam 26 genus. Spesies-spesies ini kemudian dikelompokkan ke dalam kelompok fungsional untuk mendapatkan FoRAM Index, dan diperoleh kisaran 7,18-10,5. Nilai ini mengindikasikan bahwa lingkungan perairan terumbu karang di sekitar pulau tersebut ada dalam keadaan masih baik dan sehat.

 Kata Kunci : Foraminifera Bentik, Ekosistem Terumbu Karang, Pulau Bunaken.


Downloads

How to Cite

Kalalo, R., Mamuaya, J., Manengkey, H. W., Kusen, J. D., Djamaludin, R., & Mantiri, R. (2020). FORAMINIFERA BENTIK PADA TERUMBU KARANG PULAU BUNAKEN. JURNAL PESISIR DAN LAUT TROPIS, 8(1), 56–64. https://doi.org/10.35800/jplt.8.1.2020.27464