UPAYA PENINGKATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK SECARA EFISIEN MASYARAKAT KELURAHAN TOSURAYA BARAT KECAMATAN RATAHAN KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Authors

  • Benny Maluegha
  • Charles Punuhsingon
  • Gerrits Soplanit

Abstract

Energi listrik telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat di era modern. Oleh karena itu, suplai kebutuhan listrik diharapkan dapat tersedia sepanjang waktu secara kontinu. Namun, harapan tersebut belum tercapai, khususnya di Kelurahan Tosuraya Barat Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara, karena faktanya masih sering terjadi pemadaman listrik yang mengganggu aktivitas masyarakat, baik aktivitas sosial maupun ekonomi.
Salah satu faktor yang mendorong terjadinya krisis energi listrik ini adalah masih borosnya penggunaan energi listrik oleh masyarakat. Tujuan PKM ini adalah mensosialisasikan pola penggunaan energi secara efisien untuk meminimalisir kehilangan energi listrik yang terjadi, serta menciptakan budaya hemat energi yang mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat untuk memperkuat ketahanan energi lokal, regional dan nasional.
Kegiatan PKM ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pelaksanaan pencarian data tentang profil konsumsi listrik masyarakat melalui kuesioner; dan kedua, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dalam bentuk penyuluhan.
Kata Kunci: Profil Konsumsi Listrik, Efisien, Hemat Listrik, Tosuraya Barat

Downloads

Published

2021-03-23

How to Cite

Maluegha, B., Punuhsingon, C., & Soplanit, G. (2021). UPAYA PENINGKATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK SECARA EFISIEN MASYARAKAT KELURAHAN TOSURAYA BARAT KECAMATAN RATAHAN KABUPATEN MINAHASA TENGGARA. Jurnal Tekno Mesin, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/33010

Issue

Section

Articles