TINJAUAN LAJU PENDINGINAN PADA MESIN PENDINGIN LUCAS NULLE TYPE RCC2 DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN PENDINGIN ALAMIAH (HIDROCARBON) DAN BAHAN PENDINGIN SINTETIK (HALOCARBON)

Authors

  • Frans P. Sappu
  • Novi Margritje Tulung

Abstract

Penggunaan senyawa hidrocarbon sebagai bahan pendingin atau refrigeran pada mesin-mesin pendingin adalah salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup dan pemanasan global. Bila dibandingkan dengan bahan pendingin sintetik (termasuk senyawa halocarbon) yang sudah sangat umum digunakan dalam mesin pendingin, maka bahan pendingin hidrocarbon yang bersifat alamiah akan lebih ramah terhadap lingkungan hidup dan pemanasan global. Sehingga pelaksanaan penggantian atau meretrofit bahan pendingin sintetik dengan bahan pendingin alamiah yang ramah lingkungan perlu selalu diupayakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji laju pendinginan yang dihasilkan pada mesin pendingin Lucas Nulle Type RCC2 di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Sam Ratulangi dengan menggunakan bahan pendingin alamiah dan bahan pendingin sintetik. Laju pendinginan ini merupakan parameter terhadap kinerja atau performansi mesin pendingin. Selain itu akan diamati besar konsumsi energi listrik pada mesin pendingin ketika menggunakan bahan pendingin alamiah dan bahan pendingin sintetik.
Terdapat berapa jenis bahan pendingin yang tergolong dalam senyawa hidrocarbon dan halocarbon. Namun dalam penelitian ini hanya menggunakan bahan pendingin senyawa hidrocarbon dengan nama komersil MC12 dan bahan pendingin senyawa halocarbon R12.
Dari hasil penelitian selama 1 jam pengamatan untuk masing-masing refrigeran menunjukkan bahwa penggunaan bahan pendingin senyawa hidrocarbon menghasilkan laju pendinginan (penurunan temperatur) lebih baik atau lebih cepat bila dibanding bahan pendingin senyawa halocarbon. Laju pendinginan yang lebih baik memberi implikasi terhadap waktu operasional lebih singkat pada mesin pendingin, yang kemudian berdampak pada biaya operasional dan perawatan yang lebih rendah.
Kata kunci : Refrigeran Hidrocarbon, Halokarbon, Sintetik, Retrofit

Downloads

How to Cite

Sappu, F. P., & Tulung, N. M. (2021). TINJAUAN LAJU PENDINGINAN PADA MESIN PENDINGIN LUCAS NULLE TYPE RCC2 DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN PENDINGIN ALAMIAH (HIDROCARBON) DAN BAHAN PENDINGIN SINTETIK (HALOCARBON). Jurnal Tekno Mesin, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/33029

Issue

Section

Articles