PENGARUH PENGGUNAAN AAF PADA MSA HP3566A TERHADAP SIMULASI PENGUKURAN FRF DENGAN BANTUAN METODE SOLUSI NUMERIK UNTUK PERSAMAAN DIFERENSIAL

Authors

  • Michael Rembet

Abstract

Perangkat akusisi data digital seperti MSA (Multichannel Spectrum Analyzer) buatan Hewlett Packard tipe HP3566a, sering digunakan dalam pengukuran FRF (Fungsi Respon Frekuensi). Agar pengaruh aliasing terhadap spektrum sinyal yang diakusisi pada pengukuran FRF dapat ditekan, maka rangkaian AAF (Anti Aliasing Filter) digunakan sebagai bagian dari perangkat akusisi data. Namun, akibat penggunaan rangkaian tersebut, spektrum yang ditampilkan dapat berbeda dibandingkan dengan spektrum sistem yang diukur.
Pengaruh penggunaan AAF pada MSA HP3566a terhadap hasil pengukuran FRF diungkapkan dalam penelitian ini. Perhitungan persamaan FRF digunakan sebagai metode simulasi pengukuran FRF. Perhitungan dilakukan dengan bantuan Metode Solusi Numerik untuk Persamaan Diferensial. Hasil perhitungan dengan bantuan metode ini berupa fungsi domain z. Berdasarkan fungsi ini, fungsi transfer dapat ditentukan. Berikutnya FRF sistem uji dapat ditunjukkan dalam diagram Bode. Pengaruh penggunaan AAF terhadap hasil pengukuran FRF kemudian ditentukan dengan cara, diagram Bode FRF tanpa AAF dan diagram Bode FRF dengan AAF saling dibandingkan.
Pembandingan antara diagram Bode FRF tanpa AAF dan diagram Bode FRF dengan AAF menunjukkan bahwa kedua diagram tersebut berbeda. Pada pembandingan ini, diagram Bode FRF waktu diskrit tanpa AAF menunjukkan penurunan frekuensi pribadi teredam dari sistem sebesar 13,81 %. Selain itu, juga terdapat penurunan magnitudo sebesar 74,83 %. Ini berarti, perhitungan dengan bantuan Metode Solusi Numerik untuk Persamaan Diferensial mempengaruhi hasil simulasi penggunaan AAF pada pengukuran FRF.
Kata kunci : Anti Aliasing Filter, Pengukuran FRF, Metode Solusi Numerik untuk Persamaan Diferensial

Downloads

How to Cite

Rembet, M. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN AAF PADA MSA HP3566A TERHADAP SIMULASI PENGUKURAN FRF DENGAN BANTUAN METODE SOLUSI NUMERIK UNTUK PERSAMAAN DIFERENSIAL. Jurnal Tekno Mesin, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/33034

Issue

Section

Articles