APLIKASI EFISIENSI PEMOTONGAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE

Authors

  • Charles S.C. Punuhsingon
  • Johan S. C. Neyland

Abstract

Proses pemotongan logam merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengubah suatu produk dari material logam (komponen mesin) menjadi produk jadi atau setengah jadi dengan cara memotong. Proses pemotongan logam dengan menggunakan pahat potong yang dipasangkan pada mesin perkakas disebut proses pemesinan. Didalam suatu proses pemesinan diperlukan adanya suatu sistem pengambilan keputusan dengan memanfaatkan teknologi komputasi atau teknologi informasi (komputer) yang akhir–akhir ini berkembang dengan pesat.
Dalam penulisan ini direncanakan proses pemesinan berdasarkan data yang dipilih/diatur sesuai dengan kondisi pemotongan untuk proses mengefreis. Data tersebut digunakan untuk menentukan elemen dasar proses, pembentukan geram, efisiensi pemesinan dan energi pemotongan spesifik pada proses pemesinan freis datar dan tegak. Berdasarkan perencanaan proses mengefreis yang dilakukan dibuatkan model dengan cara UML (Unified Modeling Language) kemudian dilakukan rekayasa pembuatan (software) dengan menggunakan bahasa pemrograman yang berorientasi obyek aplikasi Smalltalk.
Hasil yang diperoleh dari pembuatan ini yaitu berupa aplikasi perhitungan untuk menentukan elemen dasar proses, pembentukan geram, efisiensi pemesinan dan energi pemotongan spesifik dari proses mengefreis datar.
Kata kunci : Proses mengefreis, Pemodelan, Software

Downloads

How to Cite

Punuhsingon, C. S., & Neyland, J. S. C. (2016). APLIKASI EFISIENSI PEMOTONGAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE. Jurnal Tekno Mesin, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/33035

Issue

Section

Articles