EFEKTIFITAS STEAM EJECTOR TINGKAT PERTAMA DI PLTP LAHENDONG UNIT 2

Authors

  • Frans P. Sappu
  • Hengky Luntungan

Abstract

PLTP Lahendong Unit 2 dalam operasinya menggunakan beberapa steam ejector, satu diantaranya adalah steam ejector tingkat pertama yang merupakan bagian dari sistem ekstraksi gas dengan fungsi utama untuk mengeluarkan non-condensable gas (NCG) yang terkumpul pada kondenser utama secara kontinu untuk menjaga kevakuman kondenser.
Penelitian bertujuan mengetahui kemampuan steam ejector tingkat pertama mengeluarkan NCG kondisi aktual dari kondenser utama. Simulasi komputasi dinamika fluida digunakan untuk menganalisis karakteristik aliran pada steam ejector dengan membandingkan data kondisi aktual dan data desain pabrik dari steam ejector tingkat pertama.
Dari simulasi diperoleh nilai efisiensi steam ejector kondisi aktual 0,527 dan desain pabrik 0,554 sehingga berakibat penurunan efisiensi 4,87%. Hasil simulasi ini menunjukan kemampuan steam ejector kondisi aktual mengeluarkan NCG dari kondenser utama sebesar 1.402,11 kg/jam dan untuk steam ejector desain pabrik sebesar 1.479,34 kg/jam. Kemampuan steam ejector kondisi aktual mengalami penurunan sebesar 5,22% dari steam ejector kondisi desain pabrik.
Hasil tersebut mengindikasikan bahwa steam ejector masih efektip dan dalam keadaan baik.
Kata kunci: Steam Ejector, NCG, Efisiensi.

Downloads

How to Cite

Sappu, F. P., & Luntungan, H. (2016). EFEKTIFITAS STEAM EJECTOR TINGKAT PERTAMA DI PLTP LAHENDONG UNIT 2. Jurnal Tekno Mesin, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/33037

Issue

Section

Articles