IDENTIFIKASI ANTI ALIASING FILTER YANG TERDAPAT PADA MSA BUATAN HP TIPE HP3566A DENGAN BANTUAN METODE TRANSFORMASI TRAPESIUM

Authors

  • Michael Rembet
  • Stenly Tangkuman

Abstract

Pengukuran sinyal getaran dapat dilakukan dengan bantuan perangkat akusisi data digital. Salah satu contoh perangkat ini adalah MSA (Multichannel Spectrum Analyzer) buatan Hewlett Packard tipe HP3566a. Pada perangkat akusisi data tersebut digunakan rangkaian AAF (Anti Aliasing Filter) yang bertujuan untuk menekan pengaruh aliasing terhadap spektrum sinyal yang diakusisi. Sayangnya penggunaan AAF tidak disertai informasi parameter seperti jenis dan orde filter.
Dalam penelitian ini, diungkapkan tentang identifikasi AAF pada MSA HP3566a. Identifikasi tersebut dilakukan dengan cara suaian kurva (curve fitting) Magnitudo FRF dari AAF dengan kurva Magnitudo AAF teoritik. Selain itu, suaian kurva juga dilakukan pada kurva Fasa FRF dari AAF dengan kurva Fasa AAF teoritik. Kurva Magnitudo dan Fasa AAF teoritik diperoleh dengan bantuan metode transformasi Trapesium.
Berdasarkan pengukuran FRF dari AAF, disimpulkan bahwa AAF pada MSA HP3566a merupakan filter lalu rendah (low-pass filter). Filter tersebut terdiri dari dua buah filter jenis Butterworth berorde delapan yang terhubung seri.
Kata kunci: Anti Aliasing Filter, Metode Trapesium

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Rembet, M., & Tangkuman, S. (2021). IDENTIFIKASI ANTI ALIASING FILTER YANG TERDAPAT PADA MSA BUATAN HP TIPE HP3566A DENGAN BANTUAN METODE TRANSFORMASI TRAPESIUM. Jurnal Tekno Mesin, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/33086

Issue

Section

Articles