ANALISIS TATA LETAK FASILITAS TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) MOBONGO DENGAN SISTEM CONTROLLED LANDFILL di MINAHASA SELATAN

Authors

  • Josua Preasley B.A. Jehosua
  • Tritiya A.R. Arungpadang
  • Jefferson Mende

Abstract

TPA Mobongo merupakan sarana umum di kabupaten Minahasa Selatan sebagai tempat pembuangan akhir sampah, di mana sampah diolah di sana menggunakan metode controlled landfill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata letak fasilitas pada proses pengolahan sampah di TPA Mobongo. Penelitian dilaksanakan di TPA Mobongo dengan memilih narasumber yang dianggap representatif mewakili tempat pengambilan data yang terdiri dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Seksi Persampahan DLH, Penjaga Pos dan Timbangan, Sopir Dump Truck Sampah dan Operator alat berat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik wawancara, pengamatan langsung dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata letak fasilitas di TPA Mobongo sangat berpengaruh terhadap perubahan lingkungan dan kondisi cuaca. Dari hasil perhitungan juga dapat dilihat deviasi waktu yang besar pada saat kendaraan menuju ke bak sampah dari rumah pengolah sampah akibat jalur kendaraan yang tidak tetap.
Kata Kunci: Tempat Pembuangan Akhir, Analisis, Tata Letak Fasilitas

Downloads

How to Cite

Jehosua, J. P. B., Arungpadang, T. A., & Mende, J. (2021). ANALISIS TATA LETAK FASILITAS TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) MOBONGO DENGAN SISTEM CONTROLLED LANDFILL di MINAHASA SELATAN. Jurnal Tekno Mesin, 7(1), 8–13. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu/article/view/36817

Issue

Section

Articles