PENONAKTIFAN SEMENTARA SRI WAHYUMI MARIA MANALIP, SE BUPATI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD HASIL PEMILIHAN TAHUN 2014 SAMPAI 2019 (Kajian tentang Etika Kepemimpinan Pemerintahan)

Authors

  • Gryfid Joysman Talumedun
  • Ronny Gosal
  • Alfon Kimbal

Abstract

Etika berkaitan dengan kepemimpinan yaitu dengan apa yang dilakukan pemimpin dan siapakah pemimpin itu, hal ini terkait dengan karakter perilaku pemimpin, dan dengan integritas mereka, dalam situasi pembuatan keputusan apapun, masalah etika terlibat secara eksplisitmaupun implisit. Pilihan yang dibuat pemimpin dan bagaimana mereka merespon dalam situasi tertentu, diinformasikan dan diarahkan oleh etika mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika kepemimpinan pemerintahan Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE dalam Proses Penyelenggaraan Pemerintahan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan mendapati bahwa dilihat dari proses penonaktifan Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip, SE melalui Surat Keputusan Penonaktifan sementara yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri ditemukan bahwa penonatifan tersebut sudah sesuai dengan Aturan dan reulasi yang ada serta sudah melalui Pertimbangan dan Aspek penilaian. Berdasarkan hasil penelitian kurang efektif, dimana terdapat beberapa masalah dalam dalam hal ini peneliti menyimpulkan bahwa indikator sebagaimana yang di kemukakan oleh Bertens bahwa etika adalah nilai-nilai dan norma-norma moral, yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya, hal ini banyak dikemukakan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kata Kunci : Etika, Penonaktifan Sementara, Bupati.

Downloads

Published

2018-11-10

How to Cite

Talumedun, G. J., Gosal, R., & Kimbal, A. (2018). PENONAKTIFAN SEMENTARA SRI WAHYUMI MARIA MANALIP, SE BUPATI KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD HASIL PEMILIHAN TAHUN 2014 SAMPAI 2019 (Kajian tentang Etika Kepemimpinan Pemerintahan). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/21558