KINERJA KEPALA LINGKUNGAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM MANADO CERDAS (Studi di Kelurahan Malalayang Satu Timur Kecamatan Malalayang Kota Manado)

Authors

  • Jenly Victorandi Putra Momuat
  • Johny Lumolos
  • Ismail Sumampouw

Abstract

Pemerintah Kota Manado telah menerapkan salah satu program unggulan yaitu mewujudkan Manado Kota Cerdas. Kota yang telah memaksimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mendukung program-program kota menuju kota layak huni, efisien dan berkesinambungan serta berwawasan lingkungan atau green based environment sering disebut sebagai Kota Cerdas atau the Smart City. Dalam upaya mewujudkan Visi kota Manado periode kepemimpinan 2016-2021 di dasarkan pada Visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Manado tahun 2005-2025 dan gambaran profil dan isu-isu strategis saat ini di Kota Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kinerja dari kepala lingkungan sudah mendukung program walikota yaitu Manado cerdas (smart city) atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mendapati bahwa efektivitas kinerja dari kepala lingkungan untuk mensosialisasikan program Manado Cerdas saat ini belum berjalan maksimal sehingga banyaknya masyarakat yang ada di Kelurahan Malalayang satu belum mengenal dan tidak mengetahui tentang program Manado Cerdas, untuk itu pemerintah yang ada harus memaksimalkan kinerja untuk kepentingan masyarakat sehingga ada dampak positif yang didapatkan.

Kata Kunci : Kinerja, Kepala Lingkungan, Program Manado Cerdas.

Downloads

Published

2018-11-10

How to Cite

Momuat, J. V. P., Lumolos, J., & Sumampouw, I. (2018). KINERJA KEPALA LINGKUNGAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM MANADO CERDAS (Studi di Kelurahan Malalayang Satu Timur Kecamatan Malalayang Kota Manado). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/21559