HUBUNGAN PENGAWASAN MELEKAT DENGAN PELAKSANAAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI KANTOR KECAMATAN PAAL 2 KOTA MANADO

Authors

  • Trintje Lambey

Abstract

Pengawasan diperlukan agar organisasi pemerintahan itu dapat bekerja secara efektif dan efisien serta ekonomis dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan maupun pembangunan. Pengambilan keputusan merupakan tanggung jawab seorang pemimpin atau kepala dalam unit kerja. Pelaksanan pengambilan keputusan pimpinan dalam pemerintahan di Kecamatan Paal 2 Kota Manado sering tidak sesuai dengan yang diharapkan pimpinan. Pelaksanan pengambilan keputusan dapat tercapai dengan baik berhubungan dengan antara lain pengawasan melekat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan hubungan pengawasan melekat,dengan pelaksanaan pengambilan keputusan di Kantor Kecamatan Paal 2 Kota Manado.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan survey, data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan alat pengumpul data yang berupah daftar pertanyaan atau kuesioner yang telah dipersiapakan. Sedangakan data sekunder diperoleh dari berbagai publikasi resmi pada instansi yang menjadi tempat penelitian. Sebagai sampel responden dalam penelitian ini ialah para pegawai di Kantor Kecamatan dan Kelurahan yang jumlah sampel di tetapkan sebanyak 20 orang. Variabel yang diteliti adalah pelaksanan pengawasan melekat (X) sebagai variabel bebas atau variabel independen, dan efektifitas pelaksanan pengambilan keputusan (Y) sebagai variabel tidak bebas atau variabel dependen. Data di analisis dengan mengunakan model analisis korelasi produc moment untuk melihat hubungan variabel-variabel bebas dengan variabel tergantung.
Pelaksanaan pengawasan melekat mempunyai hubungan yang cukup tinggi dengan efektifitas pelaksanaan pengambilan keputusan di Kantor Kecamatan Paal 2 Manado . penerapan pengawasan melekat mempunyai hubungan positif yang tinggi dengan efektifitas pelaksanaan pengmabilan kepustusan di Kantor Kecamatan Paal 2 Kota Manado. Apabila prinsip-prinsip yang terkandung dalam pengawasan melekat dengan baik maka dapat memberikan kontribusi positif dalam pelaksanan keputusan yang di ambil oleh pimpinan di lingkungan Kantor Kecamatan Paal 2 Manado. Pelaksanaan pengawasan melekat memberikan kontribusi positif dalam mendorong semangat kerja para bawahan untuk melaksanakan hasil-hasil keputusan pimpinan.
Kata Kunci : Pengawasan Melekat, Pengambilan Keputusan.

Downloads

Published

2019-07-10

How to Cite

Lambey, T. (2019). HUBUNGAN PENGAWASAN MELEKAT DENGAN PELAKSANAAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI KANTOR KECAMATAN PAAL 2 KOTA MANADO. JURNAL EKSEKUTIF, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/23892

Issue

Section

Articles