TATA KELOLA PEMERINTAHAN DALAM PENGEMBANGAN DESA PERBATASAN (Studi Kasus di Desa Kalongan Kecamatan Kalongan Kabupaten Talaud)

Authors

  • Regina Celine Sasauw
  • Sofia Pangemanan
  • Donald Monintja

Abstract

Penerapan tata kelola pemerintahan yang baik atau lebih dikenal dengan istilah good governance merupakan salah satu wujud untuk terselenggaranya Negara yang menjunjung kepentingan rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tata kelola pemerintahan yang ada di desa perbatasan termasuk di desa kalongan dalam mewujudkan good governance. Penelitian ini difokuskan pada menggambarkan kondisi pelayanan infrastruktur di desa perbatasan dan melihat strategi apa saja yang di ambil oleh kepala desa dalam pengembangan desa perbatasan. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dan metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka dan wawancara mendalam terhadap informan kunci dalam lingkaran pemerintahan desa. Dalam penelitian yang di lakukan oleh peneliti menemukan bahwa tata kelola pemerintahan di desa perbatasaan harus lebih ditingkatkan di beberapa aspek : transparansi penggunaan dana desa serta keterbukaan informasi; akuntabilitas capaian kinerja perangkat desa.

Kata Kunci : Tata Kelola Pemerintahan, Desa Perbatasaan, Good Governance, Prinsip-prinsip Good Governance.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Sasauw, R. C., Pangemanan, S., & Monintja, D. (2020). TATA KELOLA PEMERINTAHAN DALAM PENGEMBANGAN DESA PERBATASAN (Studi Kasus di Desa Kalongan Kecamatan Kalongan Kabupaten Talaud). JURNAL EKSEKUTIF, 2(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/29997