KEPEMIMPINAN HUKUM TUA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DIMASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (Suatu Studi di Desa Tokin Kecamatan Motoling Timur)

Authors

  • Claudio Josua Wua
  • Sarah Sambiran
  • Marlien T Lapian

Abstract

Kepemimpinan seorang kepala desa pada sebuah desa merupakan sosok sentral dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, dimana kepala desa merupakan pemimpin yang dipilih secara demokratis layaknya kepala daerah dan presiden, oleh sebab itu, maju mundurnya sebuah desa terdapat faktor kepemimpinan. Di Indonesia dampak pandemic covid 19 bukan hanya dirasakan pada tingkat kota besar namun dampaknya hingga ke desa-desa. Dampak yang paling parah dirasakan kebanyakan masyarakat, termasuk masyarakat desa, dampak penurunan ekonomi, diakibatkan pembatasan sosial, aktivitas manusia dari satu daerah ke daerah yang lain demi mencegah penyebaran virus. Selain dampak ekonomi, dampak lain yang sangat dirasakan adalah dampak sosial, dimana dengan adanya pandemi tersebut masyarakat diwajibkan menjaga jarak dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya seperti ibadah, kegiatan budaya dan perkumpulan dilarang, bahkan menjadi polemik antara masyarakat desa dimana terjadi penutupan jalan-jalan dan lorong yang tidak sedikit menimbulkan konflik sosial berskala kecil. Penelitian ini menggunakan metode Purpusive Sampling, maka informan yang akan dipilih adalah orang-orang yang diharapkan memiliki pengetahuan, pengalaman, dan kompetensi terhadap masalah-masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa terpengaruh akibat adanya pandemic covid 19, pengaruh tersebut dirasakan lewat perubahan budaya kerja, kebijakan serta focus kepada penanganan dampak covid 19. Dengan adanya pandemic covid 19, dimensi kemampuan kepala desa Tokin dalan mengarahkan disimpulkan berjalan dengan baik dan mampu menjalankan perannya dengan baik terlihat dari berjalannya kebijakan pemerintah pusat dan daerah di Desa Tokin.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Hukum Tua, Pemerintahan, Pandemi covid19.

Downloads

Published

2021-01-09

How to Cite

Wua, C. J., Sambiran, S., & Lapian, M. T. (2021). KEPEMIMPINAN HUKUM TUA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DIMASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (Suatu Studi di Desa Tokin Kecamatan Motoling Timur). JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/32695