Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Dalako Bembanehe Kecamatan Tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe

Authors

  • Lusya Vivi Gorahe Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Fonny Waani Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Femmy Tasik Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Dampak Covid 19 terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Dalako Bembanehe Kecamatan Tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe, dengan berfokus pada teori Brudeseth menyatakan kesejahteraan sebagai kualitas kepuasan hidup yang bertujuan untuk mengukur posisi anggota masyarakat dalam membangun keseimbangan hidup mencakup antara lain:kesejahteraan materi; kesejahteraan bermasyarakat; kesejahteraan emosi  dan  keamanan.

 Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif, yaitu suatu penelitian kontekstual yang menjadikan manusia sebagai instrumen, dan disesuaikan dengan situasi yang wajar dalam kaitannya dengan pengumpulan data yang pada umumnya bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan penulis lakukan adalah Penelitian Lapangan, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Informan yang digunakan adalah informan yang mengetahui pasti mengenai pokok bahasan yang dibahas serta menjawab pertanyaan penelitian.

 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapati bahwa Dampak pandemic covid 19 bagi kesejahteraan materi masyarakat desa Dalako Bembanehe sangat terasa bagi masyarakat menengah kebawah hal tersebut diakibatkan karena berkurangnya pendapatan masyarakat. Pandemi Covid 19 juga berdampak terhadap kehidupan bermasyarakat atau kehidupan social bermasyarakat desa, hal tersebut dikarenakan adanya pembatasa social dan juga pembatasan kegiatan social dan kemasyarakatan. Kesejahteraan Emosi turut dipengaruhi oleh covid 19 di desa Dalako Bembanehe, hal tersebut terlihat bahwa pengaruhnya ada pada lingkungan keluarga dimana berkurangnya pendapatan sehingga menimbulkan perselisihan di dalam keluarga.

 

Kata Kunci: Pandemi, Kesejahteraan Masyarakat

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Gorahe, L. V., Waani, F., & Tasik, F. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Dalako Bembanehe Kecamatan Tatoareng Kabupaten Kepulauan Sangihe. JURNAL EKSEKUTIF, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/34597