PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KOTA MANADO PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA TAHUN 2020 (Studi kasus di Kecamatan Tuminting)

Authors

  • Indra Julistri Horoni Program Studi Ilmu Politik FISPOL Unsrat
  • Johny P Lengkong Program Studi Ilmu Politik FISPOL Unsrat
  • Wiesje F Wilar Program Studi Ilmu Politik FISPOL Unsrat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas kampanye masyarakat Kota Manado pada pemilihan walikota dan wakil walikota tahun 2020 khususnya di Kecamatan Tuminting. Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan prinsip kedaulatan rakyat dalam kerangka demokrasi Pancasila. Di mana untuk mewujudkan pola kehidupan sistem kedaulatan rakyat yang demokratis tersebut adalah melalui pemilihan. Dengan pemilihan  tersebut, rakyat Indonesia turut serta secara aktif untuk berpartisipasi dalam memilih wakil mereka dan secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kebijaksanaan pemerintah karena partisipasi politik merupakan aspek penting dalam sebuah tatanan negara demokrasi sekaligus merupakan ciri khas adanya modernisasi politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Partisipasi politik masyarakat Kota Manado pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 khususnya di Kecamatan Tuminting menunjukkan bahwa kampanye merupakan sarana informasi yang dapat mengubah pola pikir masyarakat Kota Manado dalam menentukkan pilihan mereka pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Manado tahun 2020, walaupun memang kita ketahui bersama bahwa Pilkada Tahun 2020 lalu dibatasi karena mengingat pandemi covid-19, namun kampanye di sosial media tetap berjalan, dan tentunya dapat dilihat bahwa kampanye media sosial dapat mempengaruhi masyarakat Kota Manado.

 

 

Kata Kunci :Partisipasi Politik, Masyarakat, Pilkada

 

Downloads

Published

2022-05-17

How to Cite

Horoni, I. J., Lengkong, J. P., & Wilar, W. F. (2022). PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT KOTA MANADO PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA TAHUN 2020 (Studi kasus di Kecamatan Tuminting). JURNAL EKSEKUTIF, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/41381

Issue

Section

Articles