Kepercayaan Konsumen Terhadap Pemasaran Online (Facebook) di Desa Pinabetengan Utara Kecamatan Tompaso Barat

Authors

  • Fan Jenaro Nuel Tandaju Program Studi Sosiologi FISPOL Unsrat
  • Juliana Tumiwa Program Studi Sosiologi FISPOL Unsrat
  • Selvie M Tumengkol Program Studi Sosiologi FISPOL Unsrat

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepercayaan Konsumen Terhadap Pemasaran Online (Facebook) di Desa Pinabetengan Utara Kecamatan Tompaso Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, adapun juga jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pengumpulan data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori dari Pierre Bourdieu tentang modal sosial, bagaimana kepercayaan konsumen terhadap pemasaran online ini jika dilihat dari sudut pandang modal sosial yang ada, baik antara penjual dan pembeli ataupun sebaliknya. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepercayaan konsumen terhadap pemasaran online ini tidak akan pernah lepas dari yang dinamakan Modal sosial, bagaimana modal sosial ini berperan sangat penting terhadap penjualan online di Desa Pinabetengan Utara, Adapun hasil temuan dari penelitian diketahui bahwa para pembeli atau konsumen sering berbelanja pada orang yang mereka kenal saja atau memiliki hubungan/ modal sosial pada aplikasi facebook ini, alasannya ketika para konsumen berbelanja pada orang yang tidak dikenal maka resiko terjadinya penipuan serta kesalahan dalam menanggulangi permasalahan akan semakin besar. Adapun saran dari peneliti yaitu harus meningkatkan modal sosial yang ada antara penjual dan pembeli ataupun sebaliknya,karena dizaman teknologi ini juga para konsumen bukan hanya melihat dari segi pelayanannya tapi juga yang dilihat adalah bagaimana background atau latar belakang modal sosial yang ada, perluaslah hubungan modial sosial lewat memperluas jaringan dan relasi yang ada.

 

  Kata Kunci : Kepercayaan, Konsumen ,Pemasaran Online, Aplikasi Facebook

Downloads

Published

2022-04-11

Issue

Section

Articles