HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PENDUDUK DI KELURAHAN TUMUMPA DUA KECAMATAN TUMINTING KOTA MANADO

Authors

  • Fitri Murnisari Suhartoyo
  • Angela F.C. Kalesaran
  • Budi T. Ratag

Abstract

Kualitas hidup didefinisikan sebagai suatu konsep mengenai posisi individu dalam kehidupannya yang dapat dinilai dari kemampuan berjalan, perawatan diri, kegiatan yang biasa dilakukan, rasa nyeri/tidak nyaman, dan rasa cemas/depresi (sedih). Kualitas hidup sering dikaitkan dengan dukungan sosial karena salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas hidup adalah dukungan sosial. Dukungan sosial dapat diperoleh dari keluarga, tetangga, teman, serta anggota masyarakat yang ada. Wilayah pesisir merupakan wilayah peralihan laut dan daratan. Sesuai dengan fokus pembangunan pemerintah saat ini yaitu ada pada wilayah pesisir dengan meningkatkan kesejahteraan dan akses pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup pada Penduduk di Kelurahan Tumumpa Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian studi potong lintang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah 632 orang yang berusia 17-65 tahun di lingkungan 3 Kelurahan Tumumpa Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado. Besar sampel pada penelitian ini berjumlah 75 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner EQ-5D-5L VAS dan kuesioner dukungan sosial. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square dengan CI= 95% dan ï¡= 0,05. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu terdapat 49 (65,3%) responden dengan kualitas hidup yang baik dan 38 (50,7%) responden dengan dukungan sosial yang baik dengan nilai p= 0,012. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan kualitas hidup pada penduduk di Kelurahan Tumumpa Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado.

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Kualitas Hidup


ABSTRACT
Quality of Life defined as a concept of the position of individuals in their lives that can be assessed from the ability to walk, self care, activities commonly performed, pain/uncomfort, and anxiety/depressed (sadness). Quality of Life often associated with social support because one of the factors that can improve quality of life is social support. Social support can be obtained from family, neighbor, friend, and also community’s members. The coastal area is a transitional area of the sea and land. In accordance with the current government’s development focus, which is in coastal areas by increasing welfare and access to health services. This research is aimed to know the relation between social support with quality of life of Population in Tumumpa Dua Sub-District, Tuminting District, Manado City. This research is quantitative research with cross sectional study design. This research is 632 peoples who in age 17-65 years old in environment 3 Tumumpa Dua Sub-District, Tuminting District, Manado City. Total sample in this research is 75 respondent, sampling using simple random sampling technique. Instrument in this research using EQ-5D-5L VAS questioner and social support questioner. Data analysis using univariate and bivariate analysis with chi square test with CI= 95% and ï¡= 0.05. The result obtained from this research is there is 49 (65.3%) respondent with good quality of life and 38 (50.7%) respondent with good social support (p= 0.012). Conclusion of this research, there are a relation between social support with quality of life in population of Tumumpa Dua Sub-District, Tuminting District, Manado City.

Keywords: Social Support, Quality of Life

Downloads