ANALISIS PENEMPATAN SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN DI PUSKESMAS KOLONGAN KABUPATEN MINAHASA UTARA

Authors

  • Maria A. X. Egam
  • Adisti A. Rumayar
  • Chreisye K.F. Mandagi

Abstract

Sumber Daya Manusia Kesehatan merupakan salah satu elemen kunci yang sangat penting dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. SDMK di puskesmas sebagai pelaksana pelayanan kesehatan seharusnya ditempatkan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi SDMK serta latar belakang pendidikan dan keterampilan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara kompetensi dan keterampilan kerja dengan penempatan SDMK di Puskesmas Kolongan menggunakan metode kualitatif dengan indepth interview yang diambil dari 6 informan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian diperoleh jumlah SDMK di Puskesmas Kolongan sudah melebihi dibandingkan dengan Standar Minimal SDMK di Puskesmas menurut PERMENKES No 75 tahun 2014 yaitu 20-30 tenaga kesehatan. Penempatan SDMK tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Disamping itu jenis dan keterampilan SDMK tidak dipertimbangkan karena SDMK yang dikirim Dinas Kesehatan tidak sesuai dengan kebutuhan Puskesmas karena kekurangan SDMK di Dinas Kesehatan. Kesimpulan yang didapat adalah perencanaan SDMK di Puskesmas Kolongan sudah dilaksanakan melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja tetapi SDMK yang ditempatkan di Puskesmas belum memenuhi kebutuhan Puskesmas karena SDMK yang diusulkan ke BKD dari Dinas Kesehatan berdasarkan usulan perencanaan dari setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Minahasa Utara tidak sesuai yang diusulkan dan hanya ditempatkan berdasarkan Surat Keputusan dari BKD. Saran sebaiknya Puskesmas Kolongan mengorganisasikan kembali pembagian tugas dan fungsi yang sesuai dengan latar pendidikan dan keterampilan yang dimiliki SDMK dan melakukan evaluasi setiap bulan untuk melihat kinerja dan peningkatan SDMK yang ditmpatkan di Puskesmas Kolongan.

Kata Kunci: Sumber Daya Manusia Kesehatan, Penempatan, Keterampilan, Puskesmas, Pendidikan, Keterampilan Kerja, Pelatihan.


ABSTRACT
Human Health Resouces is one of very important key in developing health service for public. Human Health Resources in Public Health Center as an implementer of health service, should be placed according to main task and function as a health worker, also with educational background and skill.
This research aims to determine the suitability between competence and job skills with the placement of Human Health Resources in Kolongan Health Center using qualitative method with indepth interview taken from 6 informants .Checking the authentication of data by using triangulation of source and triangulation of method. The result of this research shows that the number of Human Health Resources in Kolongan Health Center has been exceeded compared to minimum standard of Human Health Resources base on PERMENKES No 75 2015 which is 20 – 30 Human Health Resources in Health Center. Placement of Human Health Resources is not in accordance with educational background. Aside from the types and skill of Human Health Resources are not considered because the Human Health Resources who sent by the Health Office does not meet the needs of the Health Center due to the shortage of Human Health Resources in the Health Office. The conclusion is that the planning of Human Health Resources in Kolongan Health Center has been done through job analysis and workload analysis but the Human Health Resources who were placed in Health Center have not fulfill the need of Health Center because the proposed of Human Health Resources to Teritorial Civil Service by Health Departmen based on the proposed planning of any existing Health Center in North Minahasa district is not in accordance with the proposed only based on the Decree of Teritorial Service. The suggestion that Kolongan Health Center should reorfanize the division of tasks and functions in accordance with educational background and skills from Human Health Center and evaluate every month to see the performance and improvement of Human Health Resources that is placed in Kolongan Health Center.

Keyword: Human Health Resources, Placement, Skill, Public Health Service, Education, Working Skill, Training

Downloads