HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN PEMBRIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI USIA 6-12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAILANG KOTA MANADO

Authors

  • Putri Rahayu Hartina
  • Nova H. Kapantow
  • Rudolf Boyke Purba

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) Merupakan makanan yang terbaik untuk bayi pada usia 0-6 bulan, dan mengandung semua kebutuhan nutrisi untuk bayi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral dan sudah tercukupi oleh ASI.Status ekonomi adalah kedudukan seseorang atau keluarga di masyarakat berdasarkan pendapatan per bulan.Puskesmas Bailang merupakan salah satu puskesmas yang ada di Kota Manado dengan cakupan ASI eksklusif yang masih belum mencapai target. Data dari Puskesmas Bailang menunjukan bahwa cakupan pemberian ASI eksklusif pada tahun 2017 bulan Januari untuk bayi usia 6-12 bulan dari 130 sasaran jumlah bayi yang ada di puskesmas Bailang yang mendapat ASI berjumlah (35,7%). Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei analitik, dengan menggunakan desain Cross SectionalStudy. Sampel dalam penelitian ini yaitu bayi berusia 6-12 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Bailang Kota Manadosebanyak 98 bayi sesuai dengan kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Data pemberian ASI eksklusif didapatkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner dan Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 6-12 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Bailang Kota Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubunganantara status sosoal ekonomi dengan pemberian ASI eksklusif (p>0,05) berdasarkan pendidikan ibu (p=0,161), pekerjaan ibu (p=0,075) dan pendapatan keluarga(p=0,754) di Wilayah kerja Puskesmas Bilang Kota Manado.

Kata Kunci : Pemberian ASI Eksklusif, Status Sosial Ekonomi.


ABSTRACT
Breast milk is the best food for babies at 0-6 months of their age. It contains all the nutritional needs for babies such as proteins, carbohydrates, fats, vitamins, and minerals; these are sufficient by breast milk. Economic status is the stage of a person or family in the community based on income per month. Bailang health care center is one of the health centers in Manado with exclusive breasfeeding coverage that has not reached the target. The data showed that coverage of exclusive breastfeeding in January 2017 for infants 6-12 months out of 130 targeted to received breast milk was 35,7%. This study using analytic survey research method with cross sectional design. Samples in this study were infants 6-12 months in the working are of Bailang health care center was 98 infants in accordance with inclusion and exclusion criteria. Data of exclusive breastfeeding was obtained through interviews using questionnaires and data analysis using Chi-Square statistical test. The purpose of this study to determine the relationship between socioeconomic status with exclusive breastfeeding in infants 6-12 months in Bailang health care center Manado. The results showed that there was no correlation between socioeconomic status with exclusive breastfeeding (p> 0,05); based on mother education (p = 0,401), based on maternal job (p = 0,798), and basaed on family income (p = 0,668) in Bailang health care center Manado.

Keywords: Exclusive Breastfeeding, Socioeconomic Status.

Downloads