HUBUNGAN ANTARA STRES KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PERAWAT RAWAT INAP DI RUMKIT TK III 07.08.01 R. W. MONGINSIDI TELING MANADO

Authors

  • Royke Lukito
  • Odi R. Pinontoan
  • Sri Seprianto Maddusa

Abstract

Stres adalah perasaan tertekan yang dialami seseorang pekerja yang disebabkan oleh pekerjaannya. Banyak faktor yang dapat membuat pekerja merasa stres dalam pekerjaan yang mempengaruhi produktivitas pekerja menurun. Produktivitas kerja adalah suatu pendekatan interdisipliner untuk menentukan tujuan yang efektif, pembuatan rencana, aplikasi pengguna cara produktivitas untuk menggunakan sumber-sumber secara efisien, dan tetap menjaga adanya kualitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan produktivitas kerja pada perawat di ruang rawat inap di Rumkit TK III 07.08.01. R. W. Monginsidi Teling Manado. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study dan sampel penelitian ini adalah seluruh populasi perawat di ruang rawat inap yang berjumlah 51% responden. Besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada kelompok responden mengalami stres kerja dan produktivitas kurang adalah sebanyak 8 orang (15,7%), dan kelompok responden mengalami stres kerja dan produktivitas baik adalah 1 orang (2,0%). Berdasarkan analisis data dengan menggunakan iji statistic Chi- Square dengan nilai p = 0,000 <α = 0,5. Ini berarti bahwa Ho ditolak atau terdapat hubungan antara stres kerja dengan produktivitas kerja. Terdapat hubungan antara stres kerja dengan produktivitas kerja perawat ruang rawat inap di Rumkit TK. III 07.08.01. R. W. Monginsidi Teling Manado.

Kata Kunci: Stres kerja, Produktivitas kerja.


ABSTRACT
Work Stress is a feeling of distress experienced by a worker caused by his work. Many factors can make workers feel stressed in jobs and thus decreases productivity. The purpose of this study was to understand the relationsip between work stress and work productivity of nurses of inpatient room at R. W. Monginsidi Level III Hospital Teling Manado. The study used analytical servey method with cross sectional study design. Population was all nurses of inpatient room as 104 nurses were selected as sample using Slovin formula. Sampling was done by simple random sampling method. The result of the study showed that 8 respondents (15.7%) were experiencing work stress and have poor productivity and only 1 rspondents (2.0%) who experiencing work stess with good productivity. Based on data analysis using Chi-Square statictis test, p value obtained at p = 0.000 < α = 0.5, which means H null was rejected and H alternative was accepted. The study revealed that there was relationship between job stress and work productivity of nurses of inpatien room at R. W. Monginsidi Level III Hospital Teling Manado.

Keywords: Work Stress, Work Produktivity

Downloads