HUBUNGAN ANTARA POSISI KERJA DENGAN KELUHAN MUKULOSKELETAL PADA NELAYAN DI DESA ALO UTARA KECAMATAN RAINIS KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Adi K. Larenggam
  • Paul A.T. Kawatu
  • Hilman Adam

Abstract

Keluhan musculoskeletal disorders (MSDs) merupakan keluhan pada bagian-bagian otot rangka yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan sangat ringan sampai sangat sakit. Apabila otot menerima beban statis secara berulang dalam waktu lama dan rasa sakit yang membuat seseorang sulit dalam pergerakan, akan dapat mengurangi produktifitas dalam bekerja, dan dalam waktu yang lama, akan dapat menyebabkan keluhan berupa kerusakan pada sendi, ligament dan tendom. Keluhan hingga kerusakan inilah yang biasanya diistilahkan dengan keluhan musculoskeletal disorders. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan antara posisi kerja dengan keluhan muskuloskeletal pada Nelayan di Desa Alo Utara Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud.
Penelitian ini dilaksanaka di Desa Alo Utara Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud pada bulan Agustus-Oktober 2018. Sampel penelitian ini adalah Nelayan di Desa Alo sebanyak 53 orang, penelitian ini menggunakan cross sectional study yang merupakan metode dari survey analitik. Penilaian posisi kerja dilakukan dengan menggunakan merote Rapid Entire Body Assessment (REBA) dan Keluhan Muskuloskeletal menggunakan Kuesioner Nordic Body Map (NBM). Uji statistik yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Spearman.
Perhitungan uji Spearman pada Posisi Kerja dengan Keluhan Muskuloskeletal diperoleh p value= 0,409 dengan prevalensi berdasarkan keluhan musculoskeletal (79,2%) dan posisi kerja (50,9%).
Terdapat hubungan antara posisi kerja berdiri dengan keluhan musculoskeletal pada Nelayan di Desa Alo Utara Kecamatan Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kata Kunci: Posisi Kerja, Keluhan Muskoloskeletal, Nelayan.


ABSTRACT
Musculoskeletal disorders (MSDs) are complaints of parts of the skeletal muscles that are felt by a person ranging from very mild complaints to very painful. If the muscle receives repetitive static load for a long time and the pain that makes a person difficult in movement, will reduce productivity in work, and for a long time, can cause complaints in the form of damage to the joints, ligaments and tendons. Complaints to damage are usually termed musculoskeletal disorders. This study aims to determine the relationship between work position and musculoskeletal complaints in fishermen in Alo Utara Village, Rainis District, Talaud Islands Regency.
This research was conducted in Alo Utara Village, Rainis Subdistrict, Talaud Islands Regency in August-October 2018. The sample of this research was 53 fishermen in Alo Village, this study used cross sectional study which was a method of analytic survey. Work position assessment is carried out by using the Remote Entire Body Assessment (REBA) and Musculoskeletal Complaints using the Nordic Body Map Questionnaire (NBM). The statistical test used was univariate and bivariate analysis using the Spearman test.
Spearman's test calculation on work position with musculoskeletal complaints obtained p value = 0.409 with prevalence based on musculoskeletal complaints (79.2%) and work position (50.9%).
There is a relationship between standing work position and musculoskeletal complaints in fishermen in Alo Utara Village, Rainis District, Talaud Islands Regency.

Keyword: Word position, Musculoskeletal complaints, Fesherman

Downloads