HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETUGAS PENYAPU JALAN DI KECAMATAN SINGKIL DAN TUMINTING

Authors

  • Fazni D. Kurusi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Rahayu H. Akili Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Maureen I. Punuh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan suatu sikap berfikir yang menghasilkan suatu lingkungan kerja yang menjadi bagian terpadu pada setiap prosedur yang dijalankan oleh perusahaan atau instansi kerja. Petugas penyapu jalan adalah orang yang bekerja di sepanjang jalan raya dan sangat berperan dalam terciptanya kebersihan tapi beberapa petugas penyapu jalan yang ditemui tidak menggunakan helm dan masker ketika sedang bekerja. Kebiasan yang tidak patuh terhadap penggunaan alat pelindung diri sering dilakukan petugas penyapu jalan diakibatkan para petugas belum menyadari bahaya maupun resiko dalam pekerjaan mereka. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri pada petugas penyapu jalan  di Kecamatan Singkil dan Tuminting. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional study (potong lintang). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah petugas penyapu jalan bidang kebersihan kota di Kecamatan Singkil sebanyak 20 orang dan di Kecamatan Tuminting sebanyak 43 orang dengan total sebanyak 63 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara masing-masing variabel yaitu pengetahuan dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (p=0.026),  sikap dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (p=0.035). Kesimpulan terdapat hibungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan pengguanan alat pelindung diri pada petugas penyapu jalan di Kecamatan Singkil dan Tuminting. Saran diharapkan untuk Dinas Kesehatan Agar dapat memberikan pengetahuan tentang dampak tidak menggunakan alat pelindung diri dan selalu mengontrol langsung dilapangan agar para penyapu menggunakan alat pelindung diri dan terhidar dari penyakit akibat kerja.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Penggunaan APD

 

ABSTRACT

Occupational safety and health is a mindset that results in a work environment that is an integrated part of every procedure carried out by the company or work agency. Road sweepers are people who work along the highway and are very instrumental in the creation of cleanliness but some road sweepers who are met do not use helmets and masks when working. Habits that do not comply with the use of personal protective equipment are often carried out by street sweepers because the officers are not aware of the dangers or risks in their work. The purpose of this study was to analyze the relationship between knowledge and attitude with compliance with the use of personal protective equipment on road sweepers in Singkil and Tuminting Districts. This research method is a descriptive study with a cross sectional study design (cross section). The population and sample in this study were 20 street cleaners in the city sanitation department in Singkil District and 43 in Tuminting District with 63 respondents. The results of this study indicate that there is a relationship between each variable, namely knowledge and compliance with the use of personal protective equipment (p = 0.026), attitude with compliance with the use of personal protective equipment (p = 0.035). Conclusion there is a significant combination of knowledge and attitude with the compliance of the use of personal protective equipment on road sweepers in Singkil and Tuminting Districts. Suggestions are expected for the Office of Health in order to be able to provide knowledge about the effects of not using personal protective equipment and always control directly in the field so that the sweeper uses personal protective equipment and avoid from occupational diseases.

 

Keywords: Knowledge, Attitude, Use of personal protective equipment (PPE)

Downloads