HUBUNGAN SHIFT KERJA DENGAN KELELAHAN KERJA PADA OPERATOR STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) YANG ADA DI KOTA TOMOHON DAN KOTA TONDANO

Authors

  • Marsela G. Solang Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Paul A. T. Kawatu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ardiansa A. T. Tucunan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Kelelahan kerja merupakan masalah umum yang dialami para pekerja pada saat bekerja, salah satu faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja adalah shift kerja. Posisi kerja terus berdiri selama jam shift kerja operator SPBU tentunya sangat melelahkan dari survei awal operator SPBU yang ada di Kota Tomohon dan Kota Tondano gejala kelelahan yang sering terjadi pada operator SPBU yaitu seperti lesu, sering menguap dan nyeri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara shift kerja dengan kelelahan kerja pada operator SPBU yang ada di Kota Tomohon dan Kota Tondano. Penelitian ini digolingkan sebagai penelitian survei analitik kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang trdiri dari 56 rsponden, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah reaction timer. Dengan menggunakan statistik uji statistic Mann-Withney U Test. Hasil sekaligus kesimpulan dari penelitian ini adalah p = 0,000 yang menunjukan adanya hubungan yang bermakna antara shift kerja dengan kelelahan kerja pada operator SPBU yang ada di Kota Tomohon dan Kota Tondano, saran bagi operator SPBU dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan baik, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan peregangan saat merasakan penet.

 

Kata Kunci : Shift Kerja, Kelelahan Kerja, Operator SPBU, Reaction Timer

 

ABSTRACT

Work fatigue is a common problem experienced by workers at work, one of the factors that affect work fatigue is work shifts. The position of work continued to stand during shift hours of gas station operators is certainly very tiring from the initial survey of gas station operators in Tomohon City and Tondano City. The purpose of this study is to determine the relationship between work shifts with work fatigue in gas station operators in Tomohon City and Tondano City. This research is classified as quantitative analytic survey research with cross-sectional approach. The population and sample in this study using a purposive sampling consisting of 56 respondents. The instrument used in this study is reaction timer, by using The Mann-Whitney U Test. The conclusion and result of is study is p = 0,000, wich shows that there is a significan relationship between work fatigue of gas station oprators in  Tomohon  and Tondano Cities, suggestions for gas station operators can make good use of breaks, consume nutritious food, and stretching while feeling the penetrator.


Keywords : Work Shift, Work Fatigue, Gas Station Operator, Reaction Timer

Downloads