GAMBARAN SOSIALISASI PETUGAS KESEHATAN TENTANG PROGRAM JKN OLEH BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA MANADO

Authors

  • Sepang Megel Eben Haezer Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • F .R.Raymond Maramis Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Chreisye K.F Mandagi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Upaya untuk mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik pemerintah membuat program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan bagian dari program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib (mandatory) berdasarkan UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) ini telah dilaksanakan sejak 1 Januari 2014 dan diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan yang telah ditetapkan oleh UU No 24 Tahun 2011. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran Sosialisasi Petugas Kesehatan Tentang Program JKN oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Puskesmas Sario  Kota Manado Sulawesi Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, tempat penelitian dilaksanakan di Puskesmas Sario, Puskesmas Bahu, Puskesmas karombasan Kota Manado Sulawesi utara, Penelitian akan dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, terdiri dari Kepala Puskesmas Sario , Kepala Puskesmas Bahu , Kepala Puskesmas Karombasan, Petugas Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan, pasien/pengunjung puskesmas sario, pasien/pengunjung puskesmas bahu, pasien/pengunjung puskesmas ranotana. Hasil penelitian pada pelaksanaan sosialisasi program JKN di puskesmas sario telah dilaksanakan tetapi tidak maksimal, pelaksanaan sosialisasi program JKN di Puskesmas bahu sudah cukup baik, metode pelaksanaan sosialisasi dilakukan dengan cara perseorangan/individu saat pasien berobat, namun metode ini belum maksimal, pelaksanaan sosialisasi program JKN di Puskesmas Ranotana sudah cukup baik, dalam hal ini pelaksanaan sosialisasi dilakukan kepada pasien yang datang ke puskesmas maupun pasien yang berkunjung ke posyandu, sosialisasi juga dilakukan oleh petugas promkes melalui pon link (penyuluhan sambil jalan), media sosial dan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui kerja sama lintas sektor (lurah dan kepala lingkungan).

 

Kata Kunci : sosialisasi, program JKN

 

ABSTRACT

Efforts to realize a better degree of health the government created a National Health Insurance Program (JKN) which is part of the National Social Security System (SJSN) program and used a mandatory social health insurer mechanism (mandatory) based on LAW No. 40 year 2004 on National Social Security System (SJSN). This National Social Security system (SJSN) has been implemented since 1 January 2014 and is held by the health insurance provider that has been established by LAW No. 24 of year 2011. The purpose of this research is to know the description of health officer socialization about JKN Program by social Security administering Agency (BPJS) health in Puskesmas area Sario, Bahu and Ranotana Weru Kota Manado North Sulawesi. This research is a qualitative research, where the research is conducted in Sario Puskesmas, shoulder Puskesmas, Puskesmas of the city of Manado North Sulawesi, the research will be held in June-August Informan in this study amounted to 7 people, consisting of Sario Head Health Center, Head Health Center, Head Health Center Karombasan, officers of Social Security provider (BPJS) healthcare, patients/visitors Sario Puskesmas, patients/visitors shoulder puskesmas, patient/visitor health care. The results of the research on the implementation of JKN program socialization in Sario has been implemented but not maximums, implementation of socialization of JKN program in shoulder health clinic is good enough, the method of socialization implementation is done by individual/individuals when patients have medication, but this method is not maximal, implementation of the socialization of JKN program in Ranotana Puskesmas is good enough, in this case the implementation of socialization is done to patients who come to health centers and patients visiting Posyandu, socialization is also conducted by promkes officers through a pound link (counseling on the road), social media and also socialize the community through cross-sector cooperation

 

Keywords: Socialization, JKN program

Downloads