HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA PESERTA DIDIK DI SD INPRES LEMOH MINAHASA

Authors

  • Enggelin Chelin Watulangkow Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sulaemana Engkeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Angelheart Joy Maynart Rattu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang  dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat yang mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada  peserta  didik  di SD Inpres  Lemoh Minahasa. Penelitian ini merupakan penelitian  survei analitik dengan menggunakan rancangan study cross sectional (potong lintang). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik yang ada di kelas IV, V dan VI yang berjumlah 62 peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu uji Continuity Correction. Hasil yang didapatkan terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (p=0,026), terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat (p=0,006). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada peserta didik di  SD Inpres Lemoh Minahasa, terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat pada peserta didik di SD Inpres Lemoh Minahasa.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

 

ABSTRACT

The behavior of clean and healthy living (PHBS) is a set of behaviors that are practiced on the basis of consciousness as a result of learning, which makes a person, family, group or society that is able to help themselves in the field of health and play an active role in realizing public health. This research aims to know the relationship between knowledge and attitudes to the behavior of the clean  and healthy life  of students at  SD Inpres Lemoh Minahasa  School. This research is a research analytical survey using the study cross sectional plan (cut latitude). The population in this study is all students in class IV, V and VI amounting to 62 students. This research instrument uses questionnaires. The analysis used is Test Continuity Correction. The result is a relationship between knowledge and clean and healthy living behavior (P = 0,026), there is a relationship between attitude with clean and healthy life behavior (P = 0,006). The conclusion of this research is that there is a relationship between knowledge with the behavior of clean and healthy living in students at SD Inpres Minahasa  Lemoh, there is a relationship between attitudes with the behavior of a clean and healthy life for students at SD Inpres Lemoh Minahasa.

 

Keywords: Knowledge, Attitudes, Clean and Healthy Living Behavior

Downloads